Webhosting Gratisan Yang Memberikan Kemudahan Instalasi Script

astamediagroup.comBerikut adalah kelanjutan dari post kami sebelumnya “Kelebihan dan Kekurangan Webhosting Gratisan“……hal ini kami lakukan agar anda bisa memahami keinginan anda sendiri.

Byet menjadi yang terbaik diantara ketiganya dalam hal kemudahan instalasi script. Fasilitas automatic Script Installation yang diberikan oleh ByetHost memungkinkan anda menginstal beberapa script popular secara otomatis. Fasilitas ini mirip Fantastico, anda dapat membangun blog berbasis WordPress tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi  dan meng upload banyak file. Free hostia memberikan fasilitas yang serupa dengan menggunakan Elefante Installer, namun anda perlu membuat database terlebih dahulu. Sedangkan 000Webhost meniadakan fasilitas Automatic Script Installer dengan alasan sedang melakukan upgrade (sekarang mungkin dah selesai).

Penulis merekomendasikan ByetHost jika anda ingin menggunakan webhosting gratis untuk blog yang akan anda bangun. Selain memberikan Disk space dan Data transfer yang lebih besar serta kemudahan dalam instalasi blog. Byet juga menawarkan banyak fitur lain yang cukup lengkap. Fitur-fitur tersebut dapat anda lihat di http://byethost.com/index.php/free-hosting.

Siap untuk mendaftar? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka halaman http://byethost.com/free-hosting/news dan isi formulir yang disediakan, lalu tekan tombol register.

ByetHost menyarankan anda untuk menggunakan browser Mozilla Firefox agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, gunakan akun email di Gmail.com. ByetHost biasanya akan menolak pendaftaran jika anda mendaftar menggunakan email Yahoo, Hotmail, dan lain-lain.

2. Sebuah form verifikasi akan muncul. Masukkan dua kata yang anda lihat lalu tekan tombol Register

Jika anda memasukkan dua kata tersebut dengan benar, anda kan mendapatkan pemberitahuan bahwa pendaftaran telah diproses dan anda perlu mengaktivasi akun anda.

3. Periksa email dari ByetHost dan lakukan aktivasi dengan mengikuti link yang diberikan dalam email tersebut.

4. Link dalam email tersebut akan kembali membawa anda kehalaman verifikasi. Masukkan dua kata yang anda lihat, lalu tekan tombol Register.

5. Proses pendaftaran selesai dan akun anda telah diaktifkan. Catat atau simpan detail akun yang diberikan.

Secara otomatis, anda akan memiliki sebuah subdomain sesuai dengan username yang anda gunakan saat mendaftar. Contohnya, penulis mendaftar dengan menggunakan user name nuansapadoe, maka penulis memiliki subdomain nuansapadoe.byethost27.com.

Namun karena anda berencana akan menggunakan domain sendiri, anda perlu menambahkan domain tersebut diakun webhosting ByetHost.

Berikut adalah langkah-langkah menambahkan domain baru keakun ByetHost yang anda memiliki:

  1. Login di http://panel.byethost.com/.
  2. Di bagian panel, klik Addon Domains.
  3. Masukkan domain dikolom yang disediakan, lalu tekan tombol Add Domain.

Jangan menyertakan www pada domain. Jadi cukup masukkan domain.com atau domain.co.cc pada kolom yang disediakan.

Catat namerservers yang diberikan oleh ByetHost, anda akan membutuhkannya saat melakukan pengaturan DNS pada domain anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Webhosting Gratisan Yang Memberikan Kemudahan Instalasi Script”

  1. Sumatera
    22/08/2013 at 9:17 am #

    Terimakasih atas tips dan tutorialnya.

    Reply

Berikan Komentar Anda