3 Cara Mengefektifkan Keyword di Google AdWords

Bicara tentang cara berbisnis online menggunakan Google AdWords, tidak terlepas hubungannya dengan kata kunci atau keyword. Dikarenakan sebagai platform yang bekerja pada Search Engine, maka keyword menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan performa dan keberhasilan campaign AdWords yang kita jalankan. Pemilihan dan pengoptimasian keyword yang tepat tentu akan membantu campaign dapat berjalan sukses, begitu pula sebaliknya. Kurang tepatnya pemilihan keyword yang kita targetkan dapat membuat campaign kita berjalan tidak efektif.

Kadang bagi kita terutama yang awam dalam membuat campaign AdWords dan melakukan pemilihan kata kunci sering didasarkan oleh common sense yang dimilikinya saja. Contohnya, saya mau mengiklankan produk penghemat listrik di Google AdWords, nah karena produk saya berhubungan dengan listrik kemudian saya berpikir menargetkan kata kunci seperti “listrik”, “watt”, “setrum” dan sebagainya. Dengan tujuan agar iklan saya muncul serta memberikan traffic ke dalam website kita pada saat user mengklik iklan tersebut. Tetapi pertanyaannya dengan metode seperti itu apakah cara yang saya lakukan tersebut tepat dengan cara menargetkan kata kunci yang saya “rasa” sesuai dengan produk yang saya jual? Dan yang terpentingnya, apakah keyword tersebut efektif dan menghasilkan performa yang baik untuk campaign saya?

Lakukan Riset

Google Adword

Dalam menentukan keyword mana saja yang akan kita targetkan sebaiknya jangan hanya berdasarkan selera atau perasaan kita saja. Yang terpenting dalam menentukan keyword yang akan ditargetkan adalah melakukan riset. Sehingga kita bisa menentukan keyword berdasarkan data yang valild. Data yang kita bisa dapatkan antara lain seperti : volum pencarian, tingkat kompetisi keyword, trend keyword serta kisaran biaya per klik dari tiap keyword.

Lakukan Pengkategorian Keyword

Buatlah beberapa kategori grup keyword atau biasa disebut dengan istilah adgrouping. Dimana kita melakukan penempatan keyword sesuai dengan karakteristik keyword yang sejenis. Sebagai contoh, apabila website kita menjual Televisi dan Monitor Komputer. Keyword yang berhubungan dengan Televisi & TV kita tempatkan dalam satu grup Televisi. Dan keyword yang berhubungan dengan monitor komputer seperti Monitor LCD dapat kita tempatkan dalam satu grup bernama Monitor Komputer.

Menggunakan Jenis Pencocokan Keyword / Keyword Matching Type

Setelah melakukan adgrouping kata kunci, hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pencocokan tipe/jenis keyword yang kita gunakan atau biasanya disebut sebagai keyword match. Setiap jenis keyword match memicu iklan untuk ditampilkan dengan cara yang berbeda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda