3 Teknologi Mutakhir Yang Akan Hadir Tahun Ini

lithiumion_wc_2_1Teknologi pasti tak jauh-jauh dari yang namanya ponsel, laptop, mobil ataupun mesin tertentu. Di masa sekarang ini, manusia memang sedikit dimudahkan dengan hadirnya banyak sekali mesin. Misalnya, saja dengan hadirnya ponsel pintar. Benda yang satu ini tak lagi langka di Indonesia. Hampir setiap orang memiliki ponsel seperti ini. Pasalnya, ponsel ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan manusia untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Teknologi juga merambah dunia bisnis dengan banyak hadirnya toko online di dunia maya. Tak hanya bidang tersebut, teknologi juga merata hingga dunia kesehatan dan pendidikan. Misalnya saja dengan munculnya teknologi wearable yang berdasarkan pengaturan tubuh. Teknologi yang baru ini berbentuk kecil tetapi dilengkapi dengan sejumlah sensor serta ssitem umpan balik. Penampilannya yang kecil sesuai dengan fungsinya sebagai pendeteksi rasio jantung serta melacak tanda-tanda kesehatan dalam tubuh manusia. Selain itu, jika diletakkan dalam mantel, benda ini bisa untuk melacak gerakan. Sedangkan sol kontaknya juga bisa untuk memberikan jalan seperti GPS. Manfaatnya pun bisa digunakan untuk membantu orang buta.

Beberapa teknologi yang diperkirakan hadir di tahun ini, antara lain:

1. Teknologi untuk menyimpan listrik pada jaringan kawat. Sumber energi listrik memang tidak dapat disimpan secara langsung. Sedangkan untuk tenaga angin dan matahari juga tidak bisa menghasilkan listrik terus menerus. Teknologi ini diharapkan mampu untuk memecahkan masalah energi yang tidak dapat disimpan oleh tenaga listrik.

2. Teknologi mobil dengan senyawa karbon struktur nano. Masalah mobil membuat emisi bahan bakarnya kurang baik bagi lingkungan. Namun, dengan menggunakan teknologi ini bisa meningkatkan efisiensi transportasi serta mengurangi efek emisi gas rumah kaca.

3. Teknologi baterai lithium nanowire mampu membuat baterai cepat terisi penuh dan bisa merevolusi pasar mobil listrik.

Banyak teknologi yang bermunculan dan semakin memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Banyak pula bidang yang sudah dirambah dengan hadirnya teknologi baru. Namun, penggunaan yang bijak juga perlu diperhatikan karena tidak semua teknologi akan menghadirkan manfaat secara menyeluruh. Sebaiknya gunakan seperlunya saja. Jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan juga kurang baik.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “3 Teknologi Mutakhir Yang Akan Hadir Tahun Ini”

  1. Wm
    28/10/2014 at 2:38 am #

    Touche. Outstanding arguments. Keep up the good spirit.

    Reply
  2. Sites9
    27/10/2014 at 2:00 pm #

    All New In New Year

    Reply

Berikan Komentar Anda