5 Cara Jitu Menggunakan Twitter Untuk Bisnis

Twitter dan Facebook dibuat sebagai situs jejaring sosial untuk pribadi, tetapi orang-orang tidak butuh waktu lama untuk menyadari potensi dari situs tersebut. Pemasaran dan Iklan melalui social media telah menjadi bisnis besar beberapa tahun terakhir. Perusahaan yang telah belajar bagaimana untuk memanfaatkan kekuatan situs social media untuk membangun kepercayaan dari konsumen telah mengambil kesempatan itu dan sangat sukses.

Kebanyakan dari kita menggunakan Twitter dan Situs Social Media yang lain setiap harinya. Namun, ada perbedaan antara menggunakan situs tersebut untuk keperluan pribadi dan menggunakan-nya untuk tujuan bisnis. Saat ini Twitter menjadi trend karena kemampuan situs micro-blogging yang bermarkas di California ini dalam menarik istilah-istilah dan menjadikannya tranding topic. Dengan posting pesan yang menarik dan bermanfaat tentang bisnis atau pekerjaan, anda bisa lebih “dekat” dengan klien, konsumen dan penggemar. Jika anda berencana untuk menggunakan Twitter untuk bisnis, Anda bisa menemukan keuntungan dari tips berikut:

Menggunakan twitter untuk bisnis

1.Hindari Tweets Otomatis

Tweets otomatis adalah cara pelaku bisnis menggali kuburan buat bisnis mereka sendiri. Ada beberapa layanan seperti twitterfeed yang secara otomatis melakukan posting link setiap anda menambahkan posting baru di blog anda. Jika anda menggunakan alat otomatis tersebut anda tidak perlu melakukan apapun untuk Tweets. Namun, cara itu akan menciptakan kesan akun twitter anda adalah mesin promosi yang tidak berguna.

2. Tweets Seperti Anda Berbicara

Anda tidak boleh melakukan tweet yang kaku saat berinteraksi melalui social media ini. Bahkan jika anda mewakili organisasi atau perusahaan besar sekalipun, sangat penting untuk menyampaikan informasi yang menarik dengan pendekatan pribadi. Untuk perusahaan besar, pendekatan lain yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan cara mengizinkan karyawan melakukan tweets dan menyebutkan perusahaannya melalui akun pribadi mereka sendiri, hal itu akan membuat sesuatu yang lebih menarik bagi pengguna lainnya dan juga membantu anda menampilkan sisi lain yang berbeda dari produk dan jasa melalui opini mereka.

3. Jangan Follow Sembarangan

Social Media Marketer yang baru di Twitter cenderung menjadi followers banyak orang dengan harapan mendapatkan followers yang banyak. Strategi ini sangat menguntungkan dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang anda akan menemukan akun anda dibanjiri dengan tweets yang tidak relevan dari semua orang yang sudah anda follow. Cara terbaik adalah dengan menjadi followers para professional dan perusahaan lain yang akan melakukan tweets dengan topik yang relevan dengan bisnis anda. Cara ini akan membantu anda menciptakan ekosistem Twitter yang kuat untuk membantu anda menarik followers dan penggemar.

4. Balas Mention

Seperti yang anda ketahui, ketika orang ingin merujuk akun Twitter perusahaan anda, mereka akan menggunakan [email protected]. Keberhasilan anda di Twitter tergantung cara anda untuk membangun hubungan dengan followers serta membalas komentar dan pertanyaan. Pastikan anda menjawab komentar atau pertanyaan sebanyak mungkin. Itu adalah cara yang baik untuk berterima kasih atas dukungan mereka yang sangat besar dan retweet pesan pujian mereka.

5. Jadi Menarik dan Bermanfaat

Twitter bisa menjadi alat micro-blogging yang sangat efektif. Ada banyak cara dimana anda bisa menghibur dan membantu melalui tweets anda. Misalnya, jika anda adalah sebuah perusahaan IT, anda bisa mengirim beberapa tweets tentang cara menginstal software tertentu, atau tweets tentang ponsel atau laptop terbaik yang anda saat ini. Ini adalah social media dengan tindakan positif yang akan menginspirasi beberapa orang untuk menjadi FOLLOWERS anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “5 Cara Jitu Menggunakan Twitter Untuk Bisnis”

  1. andi
    06/06/2014 at 9:20 pm #

    info yang sangat bermanfaat gan, silahkan mampir di http://sehatpintarcantik.blogspot.com

    Reply

Berikan Komentar Anda