5 Langkah Mudah Membuat Website Sendiri

Jika Anda ingin merancang sebuah website untuk bisnis atau keperluan pribadi mungkin tampak seperti sebuah tugas berat. Untungnya, ada banyak sumber daya dan tools online saat ini yang dapat membantu Anda membuat website dengan cepat di World Wide Web (www).

Berikut adalah lima langkah membuat website sendiri:

Tentukan Tema Website Anda

Pilih tema yang menggambarkan bisnis atau pribadi Anda. Jika Anda menjual jasa search engine optimization (SEO), pilihlah tema yang cocok dengan layanan SEO. Mungkin Anda ingin sebuah website yang menawarkan pelatihan dalam bidang tertentu atau yang menyediakan informasi atau layanan yang bermanfaat dalam bidang-bidang seperti kesehatan, asuransi, pemasaran, keuangan, keluarga, rumah dan taman, desain web, dll…

Gunakan alat optimasi mesin pencari untuk menentukan kata kunci populer di bidang Anda. Ini akan membantu Anda mempersempit tema dan menemukan niche website Anda. Semakin spesifik Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan menjangkau target pasar.

Pilih Nama Domain

Anda dapat mengunjungi hampir semua web host untuk mengetahui apa nama domain yang tersedia. Nama domain Anda adalah alamat web yang orang akan ketik untuk menemukan website Anda dan itu benar-benar unik bagi Anda. Anda dapat memilih domain dengan akhiran .Com, .Net,.Org, atau berbagai akhiran lainnya.

Pilihlah nama domain yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

1.Tidak Terlalu panjang
2. Mudah dieja – bahkan bagi anak-anak
3. Simpel dan mudah diucapkan
4. Sesuai dengan tema website Anda
5. Mudah diingat

Pilih Web Hosting

Web hosting adalah suatu keharusan untuk sebuah website. Ini adalah “ruang web” Anda harus membeli agar website Anda bisa tampil di World Wide Web. Anda dapat memilih dari ribuan web host hari ini, tetapi jangan sampai Anda memilih hosting yang salah. Memilih web host yang dapat diandalkan, terjangkau, menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik, dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk website Anda. Layanan web hosting gratis tersedia jika Anda memulai sebuah website pribadi, tetapi tidak dianjurkan untuk website bisnis.

Sadarilah bahwa tidak semua layanan hosting menawarkan fitur add-on seperti PHP atau kapasitas MySQL. Tidak semua layanan hosting menawarkan control panel yang handal untuk manajemen situs dan mengikuti statistik pengunjung website Anda. Jadi, pastikan untuk memilih penyedia web hosting yang menawarkan apa yang Anda butuhkan untuk saat ini dan masa depan.

Desain Website Anda

Setelah Anda memilih nama domain dan web hosting yang aman, saatnya untuk desain website Anda. Anda memiliki dua pilihan:

a) Belajar keterampilan web seperti HTML dan PHP sehingga Anda dapat merancang situs Anda sendiri.

b) Menyewa web designer.

Jika Anda memilih untuk belajar desain web, ada banyak tutorial dan kursus online untuk membantu Anda belajar. Anda tidak harus menghabiskan jutaan rupiah mengambil kursus. Atau, Anda dapat menemukan sebuah situs yang memiliki fitur yang sama yang Anda inginkan dan bertanya siapa yang merancangnya. Ini akan membantu Anda menemukan seorang desainer handal yang sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk proyek Anda.

Buat Website Anda Dikenal

Saatnya untuk mempromosikan website Anda. Agar traffic website meningkat dari hari ke hari, Anda dapat mempromosikan website Anda dalam berbagai cara: search engine optimization, paid search engines, free search engine submission, e-zine advertising, dan bahkan iklan off-line. Sertakan alamat website Anda pada semua yang anda cetak seperti kartu nama, iklan koran, kop surat, amplop, dll..

Mungkin salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan adalah dengan menambahkan artikel konten ke situs Anda. Artikel mendapatkan perhatikan oleh mesin pencari karena mereka informasi dan berguna. Semakin banyak informasi yang Anda tawarkan, semakin baik peringkat mesin pencari Anda akan. Jika Anda menjual asuransi, menulis banyak artikel tentang asuransi untuk website atau menyewa seorang penulis untuk menulis untuk Anda. Apapun tema Anda, berikan banyak konten bagi pengguna Anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “5 Langkah Mudah Membuat Website Sendiri”

  1. Ejawantah Wisata
    15/05/2013 at 11:16 pm #

    Tutorial dengan langkaj sederhana dan mudah untuk diikuti.

    Salam wisata

    Reply

Berikan Komentar Anda