5 Langkah Penting Untuk Blog Lebih Populer

5 Langkah Penting Untuk Blog Lebih PopulerSetiap blogger ingin blognya menjadi populer. Apapun faktor yang melatarbelakangi kegiatan blogging, Anda tidak ingin menjadi satu-satunya pengunjung di blog Anda sendiri, bukan?! Anda ingin blog Anda menjadi yang teratas dalam daftar, disebut dimana-mana, ditunjuk sebagai contoh yang sempurna, didiskusikan dalam seminar, dikaitkan oleh yang lain, dll. Sederhananya, yang Anda inginkan adalah menjadi blogger yang sukses.

Simaklah 5 langkah berikut:

1. Mulailah dengan nama domain yang singkat namun berkesan.

Ini adalah awal yang sangat penting. Anda harus membuatnya mudah dengan cara menghindari nama domain yang panjang, bertele-tele dan tidak bisa diucapkan. Jika sulit diucapkan maka akan sulit untuk diingat. Jadi jika Anda tertarik untuk memiliki sebuah blog populer, mulailah dengan memilih nama domain yang mudah diingat.

2. Memiliki theme premium yang sederhana.

Tak mengapa jika Anda lebih memilih menggunakan theme gratis. Tapi untuk diketahui, menginstall premium theme pada blog Anda memberikan banyak keuntungan. Salah satunya ialah berdampak positif terhadap kredibilitas dan brand name Anda.

Premium themes sangat disesuaikan, responsif, terdokumentasi, didukung media sosial, disiapkan untuk SEO, dll.

Untuk memiliki blog yang populer, Anda harus berpikir untuk memberikan keindahan dan kenyamanan bagi pembaca.

3. Konten yang berguna

Pada langkah ini, Anda harus mulai menyediakan konten top-notch untuk pembaca Anda. Apakah itu berupa teks atau video, materinya haruslah mudah dicerna. Jika pembaca menemukan konten Anda berguna dan menjadi jawaban atas permasalahan mereka, Anda memenangkan kepercayaan mereka. Mereka akan mengaitkan serta membagi dan membicarakan blog Anda. Begitulah cara Anda secara bertahap membangun blog yang populer. Blog Anda tidak akan menjadi populer jika kontennya biasa-biasa saja dan tidak memberikan manfaat apapun bagi pembaca.

Pertimbangkan untuk mengundang penulis tamu atau melakukan wawancara blogger untuk menambah variasi dan sudut pandang yang berbeda, membiarkan orang lain menyumbangkan keahlian mereka untuk meningkatkan konten blog Anda. Para blogger tersebut tentunya akan menyebarkan perihal guest posts dan interview mereka yang akan membantu mempercepat proses.

4. Buat pembaca blog Anda betah

Sekarang, ini merupakan satu langkah yang harus diperhatikan jika Anda benar-benar ingin membuat blog Anda populer. Berapa banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di blog Anda tergantung pada kualitas dan aksesibilitas. Meskipun Anda mungkin memiliki konten teratas untuk sebuah blog populer, Anda harus menyediakan cara pintas bagi pembaca agar dapat dengan mudah menavigasi informasi yang mereka butuhkan. Ini termasuk alat pencari, kotak artikel terkait, widget posting paling populer, dll. Ini akan mempengaruhi page views serta banyaknya rata-rata waktu yang mana membuat sinyal mesin pencari tertarik.

Masukkan video Youtube, podcast, presentasi dan konten interaktif lainnya untuk menarik minat pembaca dan buat mereka menghabiskan waktu lebih banyak pada tiap postingan blog. Jangan khawatir jika Anda belum memiliki chanel Youtube atau podcast pribadi. Lakukan beberapa pencarian mengenai topik yang ingin Anda bahas dan carilah konten yang dibuat orang lain yang akan membantu Anda mendapatkan pencerahan.

5. Mendorong dan menarik kunjungan berulang

Selain membuat nama domain yang mudah diingat, menginstal template yang tidak menyakiti mata pembaca dan menulis konten yang jitu, Anda juga harus mengembangkan strategi-strategi lain yang akan membuat pengunjung blog Anda datang kembali. Beberapa strategi yang mungkin berlaku untuk blog meliputi:

– RSS subscription.
– List building.
– Membalas komentar pembaca.
– Menginstal plugin notifikasi komentar baru.
– Menginstal plugin notifikasi balasan komentar.
Social media sharing enticements.
– Membangun hubungan yang sehat dengan sesama blogger.
– Ikut serta dalam komunitas blogging aktif seperti BlogEngage and Social Buzz Club.

Anda tidak bisa memiliki blog yang populer tanpa adanya kunjungan berulang.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memiliki blog yang populer? Salah jika seseorang mengatakan 1 atau 2 tahun. Ini merupakan faktor seberapa keras dan konsisten Anda bekerja.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “5 Langkah Penting Untuk Blog Lebih Populer”

  1. Ejawantah Wisata
    15/05/2013 at 11:18 pm #

    Membangun dan menjalakan secara konsisten itu merupakan pintu keberhasilan dari sebuah website.

    Salam wisata

    Reply
  2. adityamurti
    06/10/2012 at 10:02 am #

    insyaallah semua tips tersebut sudah dan akan saya lakukan terus, intinya adalah konsisten..

    Reply

Berikan Komentar Anda