6 Tips Sederhana Social SEO Untuk Bisnis Kecil

Apa itu Social SEO? Social SEO mengacu pada gagasan bahwa link dan interaksi media sosial memainkan peran yang cukup besar dalam peringkat pencarian situs web. Mungkin kedengaran rumit, tapi pada dasarnya SEO adalah semua hal yang berkaitan tentang pengoptimalan konten – apakah itu situs web atau platform media sosial Anda agar lebih tinggi dalam peringkat pencarian.

Berikut adalah enam tips Social SEO yang dapat dengan mudah Anda terapkan hari ini, dilansir dari SocialMediaToday.com:

1 . Optimalkan profil media sosial Anda

Kunci untuk profil media sosial SEO yang ramah adalah menjadi sedeskriptif mungkin. Selalu mengisi bagian ‘About‘ atau ‘Information‘ dari setiap platform media sosial. Gunakan kata-kata atau frase yang menggambarkan bisnis Anda dan juga istilah individu yang akan digunakan untuk pencarian bisnis Anda.

Misalnya, mengoptimalkan Facebook Page Anda untuk pencarian lokal, sangat penting untuk menyertakan alamat, kota, negara, dan kode pos. Selalu sertakan link dari saluran sosial Anda kembali ke situs web bisnis Anda (dan link dari situs web Anda ke saluran sosial Anda).

Tips: Bagian “Category” sering tampak di Facebook Pages, ia penting untuk pencarian di Facebook melalui ponsel. Periksa untuk memastikan bisnis Anda terdaftar dengan kategori yang tepat ketika mengedit informasi dasar.

2. Optimalkan konten media sosial Anda

Untuk mengoptimalkan konten sosial Anda, selalu sertakan beberapa kata kunci pencarian yang relevan untuk bisnis Anda dalam update deskripsi Facebook, tweet, pin, dll. Penting diingat untuk berbagi konten dari situs web atau blog sosial untuk memberikan dorongan SEO juga. Berbagi konten baru di Twitter sangat penting karena membantu indeks Google lebih cepat (pengindeksan berarti Google menambahkan URL ini ke database mereka).

Tips: Gunakan nama bisnis Anda dalam postingan sosial Anda. Hal ini membantu Google mengaitkan kata kunci yang Anda gunakan untuk menggambarkan bisnis Anda dengan nama bisnis Anda.

3. Membangun link dengan membuat konten Anda ‘shareable

Faktor kunci dalam SEO adalah membangun link. Sederhananya, ini berarti memiliki situs web yang baik untuk berhubungan dengan situs web lain melalui link. Bila Anda memiliki situs yang lebih berkualitas, kaitkan ke situs web Anda (inbound) dan Anda terhubung ke situs web berkualitas lainnya (outbound) sehingga Google menjadikan situs web Anda lebih autoritatif. Lebih autoritatif berarti peringkat SERP yang lebih tinggi.

Like, comment, +1s , repin, retweet, dll, semua memberikan bobot pada link Anda. Jika Anda membuat konten yang orang akan ingin bagikan, Anda dapat membuat lebih banyak link inbound. “Konten” tidak selalu harus rumit seperti postingan blog, konten juga dapat merujuk ke tweet atau postingan Facebook. Dengan memposting konten sosial yang menarik, Anda meningkatkan nilai SEO Anda.

Tips: Suatu cara yang lebih maju untuk meningkatkan ‘shares‘ adalah menambahkan tombol berbagi sosial pada konten di situs web atau blog.

4. Gunakan Pinterest

Cara mudah untuk membuat konten shareable adalah dengan menggunakan Pinterest. Pinterest sangat bagus untuk membangun link dan meningkatkan strategi kata kunci Anda. Halaman indeks Google dari situs-situs dengan lalu lintas yang padat lebih cepat dan lebih tinggi di SERP. Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda di SERP dengan menambahkan kata kunci dalam judul dan deskripsi Pinterest, dan Anda bahkan memiliki hingga 500 karakter untuk menjelaskan pin individu sehingga Anda akan ingin untuk memasukkan kata kunci di sana juga.

Selain itu, Anda dapat menyesuaikan link pin dan menunjukkan kembali orang ke situs web atau blog – lebih meningkatkan kesempatan untuk menaikkan konten Anda ke peringkat SERP yang lebih tinggi. Dari perspektif SEO, Pinterest memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa hal yang jaringan lain tidak, manfaatkanlah!

Tips: Google lebih memilih gambar dengan resolusi tinggi, jadi gunakan gambar berkualitas tinggi di Pinterest bila memungkinkan.

5. Sign up ke Google+ dan habiskan 10 menit sehari dengannya

Tidak ada yang mencintai Google+ lebih dari Google. Daftarkan diri pada Google+ Business Page dan lengkapi sebanyak bidang yang Anda bisa di bagian “About” dengan menggunakan kata kunci yang menjelaskan bisnis Anda. Google juga memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa link yang disesuaikan dalam profil Anda, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan kembali ke situs web, blog, dan saluran sosial tambahan Anda. Dengan menggunakan 10 menit sehari untuk berbagi konten ke halaman Google+ Anda, Anda akan lebih mungkin untuk muncul dalam SERP Google.

6. Buat daftar Google+ Local

Menurut Google, 97 % konsumen mencari bisnis lokal secara online. Dalam rangka untuk tampil baik dalam hasil pencarian lokal, penting untuk mengoptimalkan daftar Google+ Local Anda (secara resmi dikenal sebagai Google Places). Laman Google+ Local berbeda dari Google+ Business Page karena memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah terhubung dengan lokasi fisik bisnis. Perbarui rincian tentang alamat, nomor telepon, jam bisnis, dll.

Tips: Pastikan untuk menyimpan informasi Anda terus ter-update di Google+ Local dan Facebook – hal ini membantu!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “6 Tips Sederhana Social SEO Untuk Bisnis Kecil”

  1. Peluang Usaha Rumaha
    08/12/2013 at 4:47 am #

    sangat bermanfaat terimakasih tips dan triknya bro

    Reply
  2. semipedia
    12/11/2013 at 7:17 pm #

    makasih infonya gan, semoga bisa saya terapkan untuk membangun blog saya

    Reply

Berikan Komentar Anda