6 Tips SEO Sederhana untuk Bisnis Kecil

6 Tips SEO Sederhana untuk Bisnis KecilDalam bidang penelitian dan survei Marchex pada usaha kecil, SEO secara konsisten muncul di permukaan sebagai prioritas yang berkembang untuk usaha kecil. Ketika menanyakan seberapa pentingnya SEO bagi bisnis mereka, 53% mengatakan “sangat penting.”

Berikut adalah beberapa teknik SEO sederhana yang dapat dilakukan setiap usaha kecil sekarang ini untuk menaikkan peringkat pada mesin pencarian, dilansir dari Search Engine Land:

1. Pastikan pengaturan teknis dari situs Anda ramah terhadap mesin pencari

Sebagian besar desainer situs web menghabiskan banyak waktu untuk membuat layout grafis terlihat menarik secara visual bagi pengunjung, tetapi Anda juga harus ingat bahwa mesin pencari melihat situs Anda melalui lensa yang sangat teknis.

Tidak ada “poin gaya” di sini! Jika situs Anda berat pada Flash, pastikan ada penjelasan berbasis teks dalam HTML untuk membantu petunjuk di bot pencarian. Pertimbangkan menghapus halaman selamat datang, dan sebagai gantinya bangun homepage dengan deskripsi dan pointer ke bidang isi utama situs Anda.

2. Buatlah daftar kata kunci untuk situs web Anda

Tanpa berpikir terlalu banyak, tuliskan tiga atau empat cara yang akan Anda gunakan untuk mencari situs web Anda jika Anda harus menemukannya dengan cepat. Tanyakan teman-teman dan anggota keluarga pertanyaan yang sama dan tabulasi hasil. Kemungkinan akan ada beberapa yang tumpang tindih, dan Anda akan segera melihat mana istilah yang lebih mungkin untuk di-search terlebih dahulu.

Selanjutnya, jalankan pencarian sendiri, coba temukan posisi situs web Anda untuk setiap query dalam hasil pencarian dan tuliskan. Berhenti jika Anda tidak dapat menemukannya setelah sepuluh halaman.

Jika bisa, catat situs lain yang muncul pada hasil halaman pertama untuk setiap query. Apakah serupa dengan bisnis Anda? Lokal atau nasional? Apakah mereka kompetitif terhadap bisnis Anda?

3. Pastikan situs Anda berisi deskripsi teks dengan 2 atau 3 kata kunci top

Di sinilah kita mulai menyeberang ke sisi seni/kreatif dari proses. Tujuan dari langkah ini hanya menyatakan: “Jika Anda ingin seseorang menemukan situs Anda dengan mencari istilah-istilah ini, di mana Anda mendaftarkan mereka pada situs web Anda bagi mesin pencari untuk menemukan mereka?”

Situs usaha kecil biasanya memiliki satu halaman utama. Pastikan Anda menambahkan beberapa kalimat yang secara alami menggambarkan bisnis Anda, dan menenun dalam tiga kata kunci Anda, entah bagaimana. Dalam mengukur keberhasilan kata kunci tersebut, awasi peringkat situs Anda untuk melihat apakah ada pergerakan.

4. Tulis suatu halaman atau postingan blog di situs Anda yang didedikasikan untuk setiap kata kunci utama

Ini juga merupakan cara yang baik untuk menunjukkan kepada pelanggan Anda, mengenai semua produk atau layanan yang mungkin menarik bagi mereka. Bayangkan diri Anda sedang memberi penjelasan kepada teman atau saudara Anda, dalam waktu lima menit, mengenai apa yang Anda lakukan pada area spesifik.

Tidak harus lebih dari 200-300 kata dan seharusnya memiliki daftar kata kunci target tidak lebih dari dua atau tiga kali. Harus se-natural dan semudah mungkin untuk dipahami, tetapi memiliki kata kunci yang disebutkan dalam cara yang masuk akal.

5. Posting link ke situs Anda dan/atau halaman utama di situs sosial seperti Facebook & Twitter

Setelah Anda memiliki postingan blog atau artikel di situs Anda, Anda bisa mulai memostingnya di web. Mulailah dengan situs sosial yang menawarkan akses dan kontak termudah.

Mesin pencari mulai merangkak dan melacak link ini kembali ke situs Anda. Selain itu, ini merupakan cara mudah untuk melibatkan teman dan pelanggan Anda.

6. Minta teman atau kontak Anda memosting sesuatu tentang Anda di situs web mereka

Idealnya, mereka dapat menggunakan salah satu kata kunci dalam daftar Anda dan sorot sebagai link ke halaman Anda. Secara tradisional, hal ini mungkin juga dikenal sebagai “link exchange” dan meskipun kadang-kadang disukai bila dilakukan dalam jumlah besar, ini merupakan praktek di atas papan besar untuk situs web asli dengan konten asli. Tapi link harus relevan dan memberikan nilai yang sebenarnya dengan kata-kata pembaca. Dengan kata lain, link harus “kontekstual.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *