Bingung Cari Konten?

bingung cari artikelDomain sudah ada, hosting sudah tersedia dan blog sudah siap dikelola. Masalah umum yang sering dialami blogger adalah konten apa ya yang harus saya isikan?

Nah berikut ini adalah beberapa tips mengisi konten atau tulisan untuk blog.

1. Tentukan dulu niche/ tema apa yang akan diusung untuk blog kita, apakah blog kita khusus membahas tentang kesehatan, keuangan, bisnis, edukasi ataukah bersifat general (umum).

2. Jika sudah menentukan tema, cara mengisi konten cukup mudah apalagi blog dengan tema umum karena dapat mencakup semua hal. Kita ambil contoh blog dengan tema kesehatan. Kesehatan sebenarnya cukup luas juga sehingga kita bisa lebih leluasa dalam membuat suatu postingan. Tinggal menentukan kategori, misalnya kesehatan mata, ibu dan bayi, tips kehamilan dan lain-lain. Langkah selanjutnya kita tinggal menyesuaikan artikel dengan kategori yang kita tentukan.

3. Bingung mencari kata kunci? Tidak usahlah pakai bingung-bingung. Untuk meningkatkan traffik (kunjungan) memang diperlukan kata kunci yang sedang banyak dicari orang. Nah untuk masalah ini bisa tanya ke Om Google lewat Google external Keywordnya. Dari sini kita bisa memantau seberapa besar pencarian kata kunci. Tapi jangan terpatok dengan kata kunci yang memiliki tingkat pencarian yang tinggi saja ya! Ingat, tujuan kita adalah mencari ide untuk membuat konten. Insya Allah rajin pangkal ramai. Yang artinya ” jika rajin membuat postingan, kunjungan akan datang dengan sendirinya”. Laporan google external keyword nantinya akan menunjukkan beberapa kata kunci yang saling berkaitan. Jika ada 10 kata kunci maka ada 10 artikel yang bisa kita buat.

4. Sudah dapat kata kunci masih bingung juga? Kok bisa! Gampang kok caranya. Mari kita berselancar lagi dengan kata kunci tersebut. Jika sudah dapat artikel dengan kata kunci tersebut, kita bisa me-rewrite artikelnya dengan gaya bahasa kita sendiri. Jadi hasilnya bukan merupakan artikel copy-paste tapi murni karena disampaikan dengan gaya kita sendiri. Asik kan!

5. Oh iya, jangan lupa sertakan gambar dalam setiap tulisan. Fungsinya ya sebagai ilustrator. Tulisan makin bagus jika disertai gambar sehingga pembaca lebih mendapatkan gambaran tentang tulisan yang kita buat.

6. Jangan bosan untuk menulis (membuat postingan). Salah satu manfaat dari ngeblog adalah mengasah otak kita untuk berkreasi lewat tulisan. Dari sini jugalah kita bisa belajar bagaimana menyuguhkan informasi dengan gaya bahasa kita sendiri namun tetap mengikuti etika penulisan.

Happy Blogging

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

4 Komentar untuk “Bingung Cari Konten?”

  1. Muslim
    03/03/2014 at 11:47 am #

    Sangat membantu sekali tulisannya, minimal saat ini sudah ada keberanian tuk nulis dengan model cara-cara diatas.

    Terima kasih untuk share-nya

    Reply
  2. jantung koroner
    28/11/2012 at 6:49 am #

    hebat.

    Reply
  3. parking
    28/11/2012 at 6:47 am #

    bagus.

    Reply
  4. armstrong indonesia
    28/11/2012 at 6:44 am #

    terima kasih atas informasinya.

    Reply

Berikan Komentar Anda