Buat Blog Mudah Rawatnya yang Susah

Cara merawat blogSiapa bilang buat blog itu susah, dengan menggunakan CMS membuat blog hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu hari. Jangankan satu, membuat beberapa blog pun bisa diselesaikan dalam sehari. Itu juga sudah termasuk setting dan pengisian beberapa konten. Bahkan untuk orang yang sudah advance membuat blog bisa kurang dari 30 menit saja.

Orang bisa saja mempunyai beberapa blog. Jumlahnya bisa belasan bahkan sampai ratusan blog baik itu yang gratisan atau yang berbayar. Lalu apa yang menjadi masalah besar blogger “pemilik blog”?

Tidak jarang seseorang memiliki banyak blog tapi tidak terurus bahkan sampai expired. Kalau hanya membuat sih gampang, masalahnya adalah susahnya merawat blog. Tidak usah ratusan, kadang untuk merawat satu blog saja orang sudah kewalahan. Untuk blog yang bersifat komersil atau portal informasi misalnya. Blog diharuskan untuk tetap update agar terindeks dengan baik di mesin pencari dan mendapatkan trafik kunjungan yang baik.

Kesulitannya terletak pada ide atau gagasan untuk konten blog. Terkadang seseorang kehabisan ide untuk mengisi konten pada blognya. Wal hasil muncullah beberapa cara untuk pengisian konten blog. Misalnya dengan copy paste artikel situs lain. Cara ini tentunya tidak dianjurkan untuk pengisian konten pada blog. Belum lagi dengan cara-cara lain yang dikenal sebagai cara black hat seperti auto generate content yang biasanya menyesatkan pengunjung dengan halaman pencarian yang berputar-putar.

Sementara , Kriteria tulisan atau konten blog yang disarankan adalah :

  • Konten merupakan tulisan asli sang blogger, bukan hasil copy paste punya orang lain
  • Konten tidak berisikan hal-hal yang mengandung unsur porno, perjudian, hal-hal yang mengajak pada tindakan makar atau bersifat terorisme dan beberapa hal yang tidak layak untuk disebarluaskan.
  • Konten berisikan hal yang bermanfaat !

Hal-hal ini sebenarnya tidaklah begitu sulit tapi biasanya bikin malas. Nah sebagai solusi dari masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan :

Pertama, jika anda tidak sempat untuk menulis atau malas untuk menulis, anda bisa menyewa jasa penulis konten.

Rajin membaca dan menonton sebenarnya akan memunculkan ide untuk tulisan. Untuk itu rajin-rajinlah membaca.

Menulis artikel sebenarnya tidak harus murni dari anda sendiri, lihatlah situs-situs besar yang sebagian isinya adalah menulis ulang artikel dari situs lain. Menulis ulang beda halnya dengan copy paste. Menulis ulang disini maksudnya melakukan beberapa perubahan pada konten asli sehingga menjadikannya unik dan berbeda dari konten aslinya.

Meskipun cara ini kurang disarankan, menulis artikel juga bisa menuliskan sedikit kata-kata sendiri kemudian menyertakan sebagian artikel dari beberapa situs lain dan menggabungkannya namun sebaiknya menyertakan link sumber dari artikel tersebut.

Jadikan menulis sebagai sebuah hobi yang menyenangkan untuk anda.

Untuk mencari topic, Anda bisa melihat apa saja yang sedang ramai dibicarakan orang saat ini. Bisa dengan menonton atau bisa juga menggunakan aplikasi google trend dan sumber-sumber lainnya.

Masih banyak cara lain untuk mengisi konten blog. Tergantung kreatifitas anda masing-masing. Mau pakai cara topi hitam, topi putih, topi abu-abu terserah anda asal jangan topi miring saja. Bisa mabuk nantinya.

Merawat blog sebenarnya mengajarkan kita menjadi seorang jurnalis. Mencari berita dan mengangkatnya untuk dikonsumsi publik menjadi sebuah keasikan tersendiri jika anda menikmati. Tapi bagi sebagian orang merawat blog seperti menjadi sebuah beban. Ya itu tidak bisa disalahkan. Saya pun pernah merasakannya.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda