Cara Efektif Mendapatkan Backlink untuk Blog

http://www.astamediagroup.comAktif di forum dofollow

Forum adalah tempat berdiskusi para pengguna internet. Para member suatu forum biasanya dapat mencantumkan link pada keterangan profil dan signature mereka.

Cara ini terbilang cukup efektif dalam mendapatkan kumpulan backlink bagi blog, namun agar hasilnya optimal anda harus benar-benar aktif diforum tersebut.

Gunakan signature untuk menampilkan link menuju ke blog anda, dan sering-seringlah berdiskusi diforum tersebut. Semakin aktif anda berdiskusi, semakin banyak backlink yang anda dapatkan karena signature selalu disertakan dalam setiap post anda di forum.

Ingat lho, kami menyarankan untuk sering berdiskusi, bukan sering menulis post. Karena terlalu sering menulis post yang tidak berhubungan dengan topic diskusi dapat menyebabkan akun anda diblokir oleh moderator atau administrator forum.

Seperti halnya blog, forum juga secara bawaan mengaktifkan atribut nofollow untuk setiap link keluar, bahkan ada yang menggunakan redirector.

Jadi, anda perlu mencari forum yang tidak menggunakan atribut nofollow pada link keluar,atau disebut juga dengan istilah forum Dofollow.

AdSense ID adalah suatu forum dofollow Indonesia, namun untuk dapat mencantumkan link di signature anda perlu mencapai peringkat Hero (memiliki 500 post), selain AdSense ID, anda juga dapat aktif diforum Detik dan JIS Portal.

Metode yang telah kami sampaikan ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam memperkuat baclink pendukung blog untuk meningkatkan pagerank.

Namun jangan terpaku pada cara-cara tersebut saja, kembangkan kreativitas anda dan temukan metode lainnya. Rajin-rajinlah berinteraksi di forum-forum tentang bisnis online dan pengembangan situs/blog, forum-forum tersebut sering menjadi ajang berbagi dan anda akan mendapatkan banyak pengetahuan disana.

Biasanya Google meng-update pagerank setiap tiga bulan sekali. Jika saat ini pagerank blog anda masih 0, teruslah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan pagerank dan tunggu kenaikan pagerank blog anda pada update pagerank periode berikutnya. Jangan lupa untuk memublikasikan tulisan secara rutin dan terus melakukan langkah-langkah optimasi.

Kadang-kadang anda merasa jenuh karena harus meluangkan waktu secara rutin dan melakukan kegiatan yang berulang-ulang untuk membangun backlink bagi blog anda. Tapi disinilah letak usaha dan perjuangan anda sebagai pebisnis online.

Bukan tanpa alasan mengapa banyak pemilik situs yang mau membayar sejumlah uang untuk mendapatkan baclink demi meningkatkan pagerank, mereka tidak mau repot melakukan langkah-langkah yang rumit dalam meningkatkan pagerank.

Sedangkan anda mengorbankan waktu dan tenaga (dan mungkin sedikit modal) untuk membangun dan mengoptimasi blog, kemudian menawarkan blog yang telah berhasil anda optimasi kepada para blogger dan webmaster berduit tersebut untuk membantu meningkatkan pagerank situs atau blog mereka. Imbalannya? Tentu saja sejumlah uang sebagai hasil jerih payah anda. Cukup adil, Bukan???

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

6 Komentar untuk “Cara Efektif Mendapatkan Backlink untuk Blog”

  1. Jos Shop
    16/10/2014 at 2:21 am #

    mantab dah infonya

    Reply
  2. cara belajar seo
    19/04/2014 at 1:39 pm #

    wew apa itu signature ?

    Reply
  3. Adjie Gunt
    01/04/2014 at 4:16 pm #

    Terima kasih tipsnya 🙂

    Reply
  4. UnO Shop
    20/02/2014 at 4:04 am #

    Sip gan informasinya..perlu di coba nich untuk meningkatkan Page Rank website saya..

    Reply
  5. Muhammad Ghazali
    16/02/2014 at 7:12 am #

    terima kasih atas tutorialnya, saya sedang belajar bagaimana cara menerapkan seo pada blog saya, tutorial diatas sangat membantu saya……

    Reply

Berikan Komentar Anda