Cara Instalasi WordPress Menggunakan iVista

Instalasi WordPress Menggunakan iVistaiVista merupakan layanan instalasi script yang terintegrasi dengan iVistaPanel. Byet adalah salah  satu penyedia jasa webhosting yang menggunakan iVistaPanel untuk paket webhosting gratisnya.

Langkah-langkah menginstal wordpress menggunakan iVista sedikit berbeda dengan langkah-langkah menginstal WordPress menggunakan Fantastico.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke akun anda di http://panel.byethost.com
  2. Di bagian Software dan services, klik menu iVista-Easy Script Installation.
  3. Pilih domain menggunakan menu drop-down yang tersedia. Setelah itu, tekan tombol Proceed.
  4. Cari kolom WordPress, lalu tekan tombol Install Now yang terdapat di kolom paling kanan.
  5. Langsung tekan tombol Complete Install
  6. Instalasi selesai. Halaman berikutnya memberikan informasi yang berkaitan dengan blog WordPress baru anda. Catat informasi yang ditampilkan tersebut.

Berbeda dengan fantastico, jika menginstall wordpress menggunakan Ivista anda tidak dapat menentukan username dan password Administrator. Secara default anda akan mendapatkan username admin dan password yang anda gunakan untuk mengakses panel webhosting. Namun nanti anda dapat mengubah password-nya di Panel Administrasi.

Panel administrasi wordpress

Panel administrasi wordpress berada di direktori http://www.namadomain.com/wp-admin. untuk dapat memasuki area tersebut anda perlu login terlebih dahulu di http://www.namadomain.com/wp-login.php.

Halaman depan area administrasi biasa disebut dengan istilah dashboard. Di dashboard terdapat work area yang berisi beberapa kotak modul seperti informasi jumlah catatan, jumlah komentar, komentar terbaru, QuickPress yang merupakan menu cepat untuk membuat catatan baru dan lain-lain.

Modul yang terdapat di Work Area dapat anda hilangkan dan susun ulang sesuai keinginan. Untuk menghilangkan modul, tekan tombol screen option yang terletak dikanan atas lalu buang dengan centang modul yang ingin dihilangkan. Sedangkan untuk mengatur ulang tata letak modul cukup dengan melakukan drag and drop.

Dibagian kiri area administrasi terdapat navigasi yang terdiri atas beberapa menu utama untuk berbagai keperluan dalam mengelola blog. Masing-masing menu memiliki submenu yang “tersembunyi” dan dapat ditampilkan dengan meng-expand (menekan tombol pull down) Menu Utama.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Cara Instalasi WordPress Menggunakan iVista”

  1. eko
    20/03/2014 at 5:58 am #

    bagus artikelnya

    Reply

Berikan Komentar Anda