Cara Membeli Domain Baru

astamediagroup.comMEMBELI DOMAIN BARU

Keuntungan membeli domain berbayar dibandingkan dengan menggunakan domain gratisan adalah fasilitas manjemen dan fitur yang lebih lengkap. Selain itu, dengan menggunakan domain berbayar, blog anda menjadi lebih terkesan profesional dan serius.

Harga sebuah domain sebenarnya tidak terlalu mahal. Saat ini anda dapat membeli domain dengan harga tidak sampai Rp. 100.000,00  pertahun.

Jika anda berencana menggunakan jasa webhosting berbayar, maka anda dapat menyatukan proses pembelian domain dan webhosting dalam satu paket. Hal ini akan mempermudah anda karena dengan menyatukan proses pembelian domain dan webhsting, anda tidak perlu melakukan konfigurasi untuk mengarahkan domain ke webhosting milik anda.

Namun jika anda berencana menggunakan webhosting gratis, maka anda harus membeli domain secara terpisah dan melakukan konfigurasi DNS.

Ada banyak penyedia jasa registrasi domain yang dapat anda pilih, Go Daddy dan Namecheap misalnya. Namun untuk mempermudah, sebaiknya kita pilih layanan lokal yang menerima pembayaran melalui transfer bank.

Berikut adalah beberapa penyedia jasa webhosting yang juga menyediakan jasa untuk melakukan registrasi domain :

1.IIX  Media

2.Hosting tangguh

3.ID Webhost

Sebagai contoh, saya akan menjelaskan langkah-langkah membeli domain di IIX Media (saya tidak sedang beriklan, hanya sekedar memberikan contoh)

1.Periksa apakah domain yang ingin anda beli masih available (belum ada yang memiliki)

2.Masukkan domain yang anda inginkan pada form yang telah disediakan serta pilih ekstensinya (com, net, info, dan lain-lain). Selanjutnya, masukkan 5 huruf dan angka verifikasi pada kotak yang disediakan, lalu tekan tombol cek.

3.Jika domain yang anda inginkan telah dimiliki orang lain, ulangi langkah pertama dengan mengganti domain yang lain. Sedangkan jika domain yang anda inginkan masih available, anda dapat melanjutkan keproses pemesanan dengan menekan tombol pesan sekarang setelah terlebih dahulu menentukan jangka waktu pemesanan domain tersebut.

4.Centang pilihan perlindungan ID untuk mendapatkan (Whois Guard) yang diberikan secara Cuma-Cuma oleh IIX Media. Abaikan form pengisian nama server karena kita akan mengisinya nanti setelah memiliki webhosting. Setelah itu, tekan tombol ubah dan lanjutkan belanja.

5.Konfirmasi pemesanan anda dengan menekan tombol selesai.

6.Anda akan dibawa kehalaman pendaftaran sebagai anggota atau klien di IIX Media. Isi formulir yang disediakan lalu tekan tombol complete order

7.Periksa email dan login di client area IIX Media untu instruksi tata cara pembayaran. Jangan ragu untuk meminta bantuan costumer service jika anda merasa kesulitan dalam melakukan konfirmasi pembayaran.

Karena domain yang anda beli adalah domain baru, domain tersebut belum memiliki pagerank. Anda perlu mengoptimasi dan menunggu hingga pagerank-nya meningkat dan siap ditawarkan di bisnis jual-beli link.

3 Komentar to “Cara Membeli Domain Baru”

  1. efan
    29/05/2013 at 10:57 pm #

    Alhamdulilah, informasi ini sangat membantu untuk proses pembelian domain baru…

    Reply
  2. JogjaDomain
    11/10/2013 at 9:54 pm #

    Pilihan saya sih selama ini idwebhost, selain pelayanannya mantap, juga sudah terakreditasi internasional (ICANN)

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Membeli dan Memeriksa Domain Berpagerank :: Blog AstaMedia - 14/06/2013

    […] perlu khawatir, di Indonesia sendiri terdapat beberapa tempat yang dapat anda tuju untuk mencari domain berpagerank. Kunjungilah forum-forum yang menjadi tempat berkumpulnya para publisher dan pemilik situs atau […]

Leave a Reply