Domain Gratis Rentan Menjadi Sarana Penipuan

Domain Gratis Rentan Menjadi Sarana PenipuanEksis tidak hanya di dunia nyata bahkan juga di dunia maya sudah menjadi trend di Indonesia saat ini.

Tidak hanya dengan mempunyai akun di sosial media, belum lengkap rasanya jika belum punya blog pribadi.

Seperti yang teman-teman ketahui bahwa untuk mempunyai blog diharuskan mempunyai sebuah domain, dimana domain tersebut yang nantinya akan menjadi alamat dari blog yang kita miliki.

Eksis Dengan Blog Tidak Perlu Mahal Bahkan Bisa Gratis

Jika hanya ingin sekedar eksis dan ingin mencurahkan pikiran dan perasaan, tidak perlu mahal dengan membeli sebuah domain berbayar dan hosting.

Untuk kebutuhan non komersial tersebut teman-teman bisa menggunakan domain gratis yang bisa didapat dari berbagai penyedia domain antara lain webs.com, godaddy.com dan lain-lain.

Domain Gratis dan Penipuan Online

Blog memang punya banyak manfaat. Selain untuk bersosialisasi blog juga dapat digunakan untuk hal-hal yang bersifat komersial. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai blog komersial. Untuk itu akan ada pembahasan yang lebih mendalam.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya manfaat blog salah satunya adalah untuk meningkatkan kredibilitas seseorang atau sebuah organisasi. Sayangnya, manfaat blog yang satu ini sering disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai sarana penipuan.

Salah satu modus penipuan yang banyak terjadi saat ini adalah dengan mengirimkan SMS undian secara acak ke beberapa nomor handphone dengan maksud mudah-mudahan saja ada orang yang percaya dan termakan dengan undian palsu tersebut kemudian mengirimkan sejumlah uang untuk si penipu.

Nah, modus penipuan ini makin rapi dan makin hebat dengan menggunakan bahasa yang memang akan menggugah rasa penasaran dari calon korbannya untuk segera menghubungi sang penipu.

Selain menggunakan embel-embel nama undian yang memang ada, misalnya saja telkomsel point, si penipu menggunakan domain gratis sebagai sarana untuk menguatkan eksistensinya agar calon korban percaya bahwa SMS tersebut benar dari perusahaan ternama.

Misalnya saja domain pemenangundian-telkomselpoint.webs.com. Situs atau blog ini tentu sudah diisi dengan konten yang akan membuat anda percaya nomor handphone anda tercatat sebagai pemenang.

Mungkin anda pernah mendapatkan SMS yang mengaku dari pihak Telkomsel seperti ini :

“Selamat!! Anda mendapatkan hadiah Toyota Avanza” dari poin telkomsel pin pemenang (xy24…) kunjungi situs kami pemenangundian-telkomselpoint.webs.com “

Seperti inilah salah satu contoh SMS penipuan yang kini marak terjadi.

Padahal, sebagaimana kita ketahui, biasanya perusahaan yang mengadakan undian tidak akan memberitahukan informasi pemenang melalui SMS. Informasi pemenang undian tentunya akan diumumkan melalui media resmi seperti televisi, dan juga media cetak.

Perusahaan bonafit tentunya tidak menggunakan domain gratis tetapi memiliki situs resmi yang dijamin keasliannya.  Meski begitu kita tetap harus berhati-hati sebab penipu semakin lihai juga.

Jika anda menemukan sebuah situs atau blog fake yang digunakan untuk penipuan, segera laporkan pada penyedia layanan agar situs tersebut dibekukan. Pihak penyedia layanan tentunya segera melakukan investigasi terhadap situs yang dilaporkan.

Tips Mudah Agar Tidak Tertipu SMS Undian Palsu

Cara agar terhindar dari SMS undian palsu cukup mudah, yaitu:

  1. Jangan terlalu senang ketika mendapatkan pesan selamat menang undian.
  2. Lihat baik-baik nomor pengirim pesan undian tersebut. Tidak mungkin provider telepon mengirimkan info melalui nomor pribadi. Tentunya pemberitahuan dilakukan melalui nomor layanan resmi seperti 333 misalnya.
  3. Jika anda memang tidak pernah mengikuti undian apapun segera abaikan SMS selamat tadi.
  4. Banyaklah membaca dan carilah informasi sebanyak mungkin. Selain memperluas pengetahuan, selalu update dengan informasi juga menghindarkan teman-teman dari penipuan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda