Inbound Marketing Untuk Toko Online

Saat beberapa bentuk pemasaran menjadi kaku dan tidak efektif, inbound marketing muncul dengan pendekatan halus. teknik marketing ini memberikan waktu luang yang lebih banyak untuk Anda menikmati makan malam yang menyenangkan.

toko online

Artikel ini akan mendefinisikan inbound marketing dan outbound marketing. Serta mengulas alasan mengapa outbound marketing menjadi tidak populer dan alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan teknik inbound marketing untuk online store Anda.

Apa Itu Inbound Marketing?

Singkatnya, inbound marketing adalah teknik marketing yang fokus agar ditemukan oleh konsumen. Ini berbanding terbalik dengan telemarketer yang menghubungi Anda disaat yang tidak tepat. Inbound marketing tidak agresif mencuri perhatian Anda, ia memperoleh itu dengan menyediakan informasi yang menarik dan berguna. Inbound marketing menunggu Anda untuk menemukannya, maka ia menawarkan sesuatu yang berharga untuk menukarnya dengan beberapa waktu Anda yang sangat berharga.

Berikut Adalah Beberapa Contoh Inbound Marketing:

  • Blog
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Video YouTube
  • Webinar / Podcast
  • White Paper
  • Infografis

Apa Itu Outbound Marketing?

Kebanyakan orang menganggap outbound marketing menjadi cara yang lebih tradisional dan teknologi kurang cerdas untuk memperoleh pelanggan. Ini adalah di mana perusahaan fokus upaya pemasaran mereka aktif mencari konsumen. Kadang-kadang, bisa sulit untuk menargetkan benar, dan seringkali itu mahal.

Berikut Adalah Beberapa Contoh Outbound Marketing:

  • Iklan Cetak
  • Iklan Televisi / Radio
  • Telemarketing
  • E-mail Marketing
  • Pameran

Masalah Dengan Outbound Marketing

Selama beberapa tahun terakhir telah terjadi penurunan mantap dalam efektivitas Outbound Marketing, terutama ketika datang ke perusahaan online. Telah ada perubahan mendasar dalam toleransi konsumen untuk “interruptive” iklan, dan beberapa konsumen mulai memberontak. Sebagai contoh, menurut sebuah studi oleh HubSpot, 84% dari orang-orang usia 25-34 tahun telah meninggalkan situs favorit karena iklan mengganggu atau tidak relevan.

Inbound Marketing Untuk Toko Online

Inbound marketing merupakan cara yang efektif untuk menarik pelanggan potensial ke toko online Anda dan memijat mereka sampai mereka berubah menjadi pelanggan. Untuk sebuah toko e-commerce untuk secara efektif menggunakan inbound marketing dimulai dengan konten yang baik yang dioptimalkan untuk pencarian dan menggoda bagi orang untuk berbagi.

Dengan berinvestasi sumber daya dalam inbound marketing, pedagang e-commerce akan melihat manfaat sebagai berikut:

1. Menjadi Pemimpin Pemikiran

Dengan membuat dan menerbitkan konten memprovokasi berpikir secara teratur, Anda akan segera mendapatkan nama Anda di luar sana sebagai pemimpin pemikiran. Beberapa online store memiliki blog yang sesuai dengan toko online mereka dengan sempurna. Mereka menjual produk kesehatan organik, dan blog mereka adalah emporium dari artikel yang didedikasikan untuk informasi yang berguna tentang gizi dan kesehatan. Ribuan orang mengunjungi toko e-commerce mereka karena konten: proyek DIY, resep, peringatan, dan bahkan beberapa mitos busters. Mereka telah menjadi otoritas dalam industri kesehatan dan orang-orang mengunjungi ke mereka untuk informasi, bantuan, dan saran.

2. Menghemat Uang

Pernahkah Anda melihat harga iklan cetak? Atau bahkan stan dipajang di sebuah pameran dagang besar? Untuk sebagian besar, outbound marketing mahal! Berapa konten yang baik didukung oleh biaya kehadiran sosial yang kuat? Mulai kecil dan tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Beri diri Anda tujuan yang masuk akal seperti menerbitkan satu posting blog yang berharga per minggu. Luangkan beberapa jam menulis sesuatu yang orang dalam industri Anda akan menemukan menarik, kemudian menghabiskan beberapa jam mempromosikannya melalui jaringan sosial Anda. Meskipun pemasaran masuk membutuhkan usaha lebih dari sekedar membeli iklan surat kabar, biaya yang menjalankan mengesankan 61% lebih sedikit per lead dari marketing tradisional.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda