Kenapa Ada Yang Gagal Dalam Bisnis Online?

Saat ini semakin banyak orang yang mencari nafkah di internet. Mereka mendengar cerita tentang seseorang yang baru saja resign dari tempat dia bekerja karena dia bisa menghasilkan ribuan dollar perbulan di rumahnya tanpa terikat jam kerja. Namun sebagian besar dari mereka bahkan tidak bisa menghasilkan sepeser pun dari internet.

Mike Collins, blogger yang sejak tahun 2004 membangun website telah merasakan asam-manis dalam bisnis online, Dia sudah melihat banyak orang yang gagal dalam bisnis online dan hampir merasakan hal yang sama. Menurut Mike ada 4 faktor utama penyebab seseorang gagal dalam bisnis online.

bisnis online gagalMalas. Kebanyakan orang berpikir mendapatkan uang dari bisnis online adalah hal yang mudah. Mereka menganggap hanya perlu menulis beberapa artikel, klik beberapa link dan uang akan datang dengan sendirinya. Tidakkah anda berpikir semua orang bisa melakukan itu?

Bisnis online sama seperti bisnis yang lain, dibutuhkan tenaga untuk bekerja extra. Jika anda berpikir bisa kaya dalam semalam… anda akan gagal!

Tidak pernah bertindak. Mike tidak bisa lagi menghitung berapa banyak orang yang dia temui secara online yang menghabiskan berjam-jam di forum untuk mencari formula menghasilkan uang di internet. Mereka mendownload setiap ebook yang mereka temukan lalu menghabiskan waktu mereka untuk belajar namun pada akhirnya mereka tidak pernah melakukan apapun.

Bukan berarti anda juga harus memulai bisnis online tanpa rencana. Itu tidak akan membuat anda jauh lebih baik. Tapi pada titik tertentu Anda harus benar-benar memulai. Anda tidak akan pernah merasakan bisnis online jika Anda tidak mengambil langkah pertama.

Tidak fokus. Mike mengakui di titik ini dia berada dalam waktu yang cukup lama (beberapa tahun). Dia mengetahui berbagai cara untuk berbisnis online dan memiliki jutaan ide. Dia mulai mengerjakan satu proyek namun di saat pekerjaannya belum selesai dia beralih mengerjakan situs lain. Dan akhirnya dia selesai dengan lusinan situs yang tidak sempurna. Dia mendapatkan beberapa dollar dari situs itu namun tidak cukup untuk menutupi biaya operasional proyeknya.

Jika anda mengerjakan satu jenis bisnis online, luangkanlah waktu anda secara konsisten untuk itu. Anda selalu dapat berkembang ke arah yang lain nanti.

Cepat menyerah. Pada awalnya beberapa orang akan membangun situs mereka dengan antusias, membuat artikel setiap hari, menghabiskan ratusan dollar untuk beriklan namun ketika traffic dan penghasilan tidak ada dalam beberapa bulan mereka mundur dan meninggalkan bisnisnya.

Mereka tidak berpikir realistis bahwa kesuksesan tidak didapat sejak lahir. Butuh waktu bagi situs baru untuk ditemukan dan mendapatkan peringkat oleh mesin pencari. Jika mereka mau bertahan lebih lama untuk mengelolah situsnya mungkin mereka akan mendapatkan traffic dan penghasilan, yang akan memotivasi mereka untuk terus membangun dan mengembangkan bisnis mereka.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Kenapa Ada Yang Gagal Dalam Bisnis Online?”

  1. Yayan Sugiana
    27/07/2012 at 12:08 pm #

    Postingan yang sangat bermanfaat, khususnya bagi saya yang masih dalam taraf jatuh bangun belajar bisnis online ini. Ya, harus fokus!

    Reply

Berikan Komentar Anda