Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pebisnis Online Shop

online shopBisnis online shop kini semakin digemari. Apakah Anda tertarik untuk melakukan usaha serupa?

Salah satu konsep online shop yang cukup unik yaitu menjual baju-baju produksi dalam negeri dengan harga tidak ada yang melebihi Rp 100 ribu.

Saat baru memulai bisnis tersebut, kesulitan yang dirasakan adalah untuk meyakinkan ke masyarakat bahwa produk Indonesia ada yang bagus dan harganya tidak terlalu mahal, karena stigma kalau beli di online shop itu, siap-siap bakal kecewa. Kalau lihat yang murah, ini pasti barangnya jelek.

Pebisnis online harus memastikan busana-busana yang dijual di online shopnya menggunakan bahan yang cukup berkualitas. Jangan sampai ketika ingin membangun bisnis, Anda hanya memikirkan untung saja, sehingga tidak memikirkan kualitas dan menipu pembeli.

Banyak pebisnis online yang tidak melakukan riset sebelum memulai bisnis onlinenya. Kebanyakan orang yang mau membuka usaha, memilih jalan cepat dengan mencontek ide orang lain tanpa mencoba menemukan konsep sendiri yang orisinil.

Selain kurangnya riset, kesalahan lainnya yang kerap dilakukan orang ketika akan berbisnis online shop adalah menyerahkan semuanya ke pihak web master. Web master itu ibaratnya cuma kontraktor, yang gambar harusnya kita, tokonya mau seperti apa, tampilannya bagaimana?

Saat akan membuka online shop, Anda seharusnya sudah memiliki konsep sendiri. Harusnya kita bisa membuat gambar, research, dan cari apa yang beda.

Setelah situs online shop itu mulai berjalan, yang juga kadang dilupakan oleh pengelolanya adalah mempromosikan tokonya tersebut. Apakah SEO friendly atau tidak? Banyak online shop yang tidak peduli dengan SEO (search engine optimization).

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda