Memahami Proses Pencarian dan Karakteristik 3 Alat Bantu Pencarian

http://www.astamediagroup.comMelakukan pencarian dokumen yang dimuat pada suatu situs bisa begitu mudah dan kelihatannya mungkin sulit juga, apalagi mengingat begitu menyebarnya informasi di mana-mana, bahkan University of California menyebutkan saat ini telah terdapat lebih dari 50 milyar Halaman Web di Internet, meski tidak ada satupun yang benar-benar tahu jumlah persisnya.

Kesulitan yang mungkin terjadi adalah karena WWW tersebut tidak terdata dalam bentuk yang terstandarisasi isinya. Tidak sama halnya dengan catalog yang ada diperpustakaan, yang memiliki standarisasi secara mendunia berdasarkan subjek dari judul buku, meskipun jumlahnya juga tidak sedikit.

Dalam pencarian di web, anda selalu memperkirakan kata apa yang kira-kira terdapat pada halaman yang ingin anda temukan. Atau kira-kira apa subjek yang dipilih oleh seseorang untuk mengelola halaman situs yang mereka kelola, topic apa saja kira-kira yang mereka bahas.

Jika anda melakukan apa yang dikenal dengan pencarian pada halaman web, anda sebenarnya tidak melakukan pencarian. Tidak mungkin melakukan pencarian di WWW secara langsung.

Pada web benar-benar terdiri dari banyak sekali halaman web yang disimpan dari berbagai server diseluruh dunia. Computer anda tidak langsung melakukan pencarian kepada seluruh computer tersebut secara langsung.

Apa yang mungkin anda lakukan hanyalah melalui computer anda mengakses satu atau lebih perantara yang disebut dengan alat bantu pencarian yang ada saat ini. Anda melakukan pencarian pada alat bantu itu tadi ke database yang mereka miliki. Database itu mengkoleksi situs-situs yang mereka temukan dan mereka simpan.

Alat bantu pencarian ini menyediakan hasil pencarian dalam bentuk hypertext link dengan URL menuju halaman lainnya. Ketika anda click link ini, dan menuju ke alamat tersebut, maka dokumen, image, sound, dan banyak lagi bentuk lainnya yang ada pada server tersebut disediakan untuk anda, sesuai dengan informasi yang terdapat didalamnya. Layanan ini bisa menjangkau ke manapun di seluruh dunia.

Jadi tidak mungkin seseorang untuk melakukan pencarian ke seluruh computer yang terhubung ke Internet ini, atau bahkan alat bantu pencarian yang mengklaim bahwa mereka melakukannya.

Apa yang anda temukan di sana bisa dalam berbagai tipe. Namun ada juga alat bantu yang tidak pernah bisa anda lihat di mana pun. Yaitu alat bantu pencarian, atau disebut dengan Free Web Search Tool. Sering disebut juga dengan Invisible Web, atau Deep Web.

Kategori alat pencari

Saat ini, kita menemukan paling tidak tiga bentuk alat dari alat bantu pencarian ini. Anda menggunakan strategi yang berbeda untuk memanfaatkan kemampuan potensial dari masing-masingnya yaitu:

Search engine dan Meta Search Engine

Karakteristik:

  1. Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih,
  2. Pencarian berdasarkan kata kunci, mereka mencoba mencocokkan dengan tepat kata kunci tersebut dengan teks yang ada dalam dokumen,
  3. Tidak perlu dilakukan browsing, dan tidak ada subjek dari kategori,
  4. Database dijaring dan dikumpulkan oleh spider, yaitu computer yang memiliki program robot, dengan kemampuan seminimal mungkin dari pandangan atau sentuhan manusia,
  5. Ukuran search engine: dari skala kecil hingga mampu menyimpan sangat banyak (sekitar hingga 20 milyar halaman web).
  6. Meta search engine dengan cepat melakukan pencarian ke dalam beberapa database dari berbagai search engine dalam satu kali permintaan. Hasilnya? Adalah daftar yang dihasilkan dari penggabungan hasil pencarian dari beberapa search engine yang mereka libatkan.

Contoh:

  1. Search engine yang kami sarankan dalam blog ini: Google, Yahoo Search, Ask.com
  2. Meta Search engine: Dogpile, Copernic, dan lainnya.

Subject Directories

Karakteristik:

  1. Seleksi dari situs yang ada merupakan seleksi langsung yang dilakukan oleh manusia, kadang kala malah para ahli untuk subjek tertentu,
  2. Sering dengan hati-hati dievaluasi dan menjaga keterbaruan informasi yang mereka miliki, namun tidak selalu, kadang-kadang malah tidak, terutama untuk mereka yang telah memiliki data yang banyak dan bersifat general,
  3. Biasanya dikelola dalam bentuk subjek dan direktori yang tersusun secara hirarki,
  4. Sering dilengkapi dengan catatan mengenai deskripsinya (tidak untuk yahoo),
  5. Subject dapat di-browse subject dan kategorinya atau melakukan pencarian berdasarkan kata-kata tertentu,
  6. No-full text of document. Pencarian diminta lebih spesifik dibandingkan dengan pencarian melalui search engine, karena kata kunci tidak dibandingkan dengan isi dari halaman suatu situs, melainkan hanya pada subject, categories, dan descriptions.
  7. Directori yang kami sarankan dalam postingan ini: dmoz, librarian index, Infomine, About.com, dll.,
  8. Terdapat ribuan atau bahkan lebih subjek direktori dalam praktek dan kenyataannya apa saja yang anda pikirkan ada disana.

Specialized Database (Invisible Web)

Karakteristik:

  1. Merupakan web yang menyediakan akses melalui suatu kotak pencarian ke dalam content database pada sebuah computer di suatu tempat,
  2. Dapat saja berupa berbagai topic, dapat juga hal yang sepele, komersial, pekerjaan yang spesifik, pemerintahan, dll.
  3. Juga terdiri dari banyak halaman yang menghasilkan hasil pencarian dari catalog direktori online.

Contoh:

Penempatan data base khusus untuk mencari dari data yang bisa diandalkan melalui directory seperti dmoz, Yahoo Directory, dll. Data yang ada disimpan dalam directori tersebut digunakan untuk pemandu dalam pencarian halaman web yang mengandung kata kunci tertentu yang digunakan oleh search engine umum.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda