Membangun Komunitas Dengan Pembaca Blog

Membuat Komunitas Dengan Pembaca BlogMembuat konten blog adalah cara yang bagus untuk menarik pembaca baru, dan mendapatkan manfaat SEO untuk blog Anda. Tapi ia tidak harus diperlakukan hanya sebagai kendaraan komunikasi satu arah. Anda tidak hanya mendorong informasi ke dunia.

Blog Anda akan lebih efektif jika Anda dapat membangun hubungan nyata dengan pembaca Anda. Buat masyarakat bahwa merekakomunitas dimana mereka ingin menjadi bagian darinya.

Bagaimana Membuat Komunitas Menggunakan Blog Anda

Berikut adalah 10 cara untuk dapat memperdalam hubungan Anda dengan pembaca blog dan membangun komunitas yang kami kutip dari tulisan Tom Treanor.

1) Undang mereka untuk berkomentar

Orang lebih rentan untuk terlibat dengan Anda jika Anda bertanya. Dan jangan hanya mengatakan, “Silakan memberikan komentar Anda di bawah”. Tidak, minta mereka dengan pertanyaan yang relevan. Minta mereka untuk berkontribusi dalam diskusi. Mendapatkan komentar blog adalah cara untuk mulai menciptakan masyarakat.

2) Beritahu mereka saat Anda menjawab komentar mereka

Gunakan tool untuk memberitahu mereka bahwa Anda menanggapi komentar mereka. Tool komentar seperti Disqus termasuk didalamnya. “Reply Me” merupakan plugin WordPress yang populer namun sudah lama sehingga dapat tidak berfungsi dengan segera. Baru-baru ini, Comment Luv Premium telah menambahkan fitur notifikasi balasan.

3) Tinggalkan komentar pada blog yang memberikan komentar

Sekarang sudah ada orang-orang yang berkomentar, berikan balasan. Berkunjung ke blog mereka dan tinggalkan komentar (dan membaginya di media sosial). Membantu mereka menciptakan komunitas di blog mereka juga! Saya yakin Anda akan melihat bagaimana membuat koneksi dengan pembaca Anda dapat membantu memperluas jangkauan Anda di dunia online.

4) Tanyakan mereka untuk terhubung dengan Anda di media sosial

Mintalah komunitas Anda untuk terhubung dengan Anda di media sosial dalam beberapa cara. Beberapa orang membutuhkan pengulangan untuk mendapatkan pesan! Pasang widget di sidebar. Banyak blogger menggunakan kotak Facebook Like di sidebar mereka, tetapi jika komunitas Anda bergaul lebih banyak di Twitter gunakan widget Twylah sebagai gantinya. Taruh semua link profil Anda di sekitar halaman Anda.

5) Hubungkan ke pembaca dan berbagi konten mereka di media sosial

Anda bisa mengetahui siapa yang berbagi posting Anda ketika mereka menyebutkan Anda di media sosial. Pastikan Anda terhubung ke orang-orang itu. Luangkan waktu untuk menemukan beberapa blog mereka dan memberikan komentar dan berbagi. Anda harus menghargai orang-orang yang berbagi konten Anda! Ada situs berbagi sosial lainnya yang dapat Anda gunakan di luar Twitter, Facebook atau LinkedIn. Manfaatkan komunitas berbagi niche seperti BizSugar misalnya.

6) Mulailah suatu forum atau group untuk pembaca Anda

Pertimbangkan untuk membentuk forum atau group untuk pembaca Anda. Ini adalah tempat di mana Anda benar-benar bisa terlibat dengan mereka jauh lebih dalam. Setiap jaringan sosial yang mendukung group dapat digunakan untuk menciptakan komunitas.

7) Mention dan link ke blog mereka pada postingan Anda

Ketika Anda menulis postingan, luangkan waktu untuk menyebutkan beberapa dari pembaca atau blog mereka. Pastikan Anda link ke mereka sehingga mereka bisa mendapatkan beberapa manfaat pencarian dan mereka mungkin melihat “ping” dari blog Anda yang memberitahu mereka tentang link. Buat komunitas dengan menjadi interaktif dan menanggapi pertanyaan dari pembaca Anda.

8) Mintalah Penulis yang lebih baik untuk mengisi Guest Post di blog Anda

Salah satu cara untuk benar-benar mengenal salah satu anggota komunitas Anda adalah memiliki mereka untuk guest post di situs Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan menulis untuk situs mereka jika memenuhi kriteria Anda dalam hal kualitas dan ukuran.

9) Lebih Personal, Akui Kesalahan

Kami menyukai fakta. Berbagi sedikit mengenai diri sendiri dan menambahkan kepribadian ke posting Anda, berbicara tentang keluarga Anda atau binatang peliharaan Anda. Juga, berbagi beberapa kegagalan atau kesalahan. Ini akan memperdalam koneksi.

10) Berikan nilai besar untuk konten Anda

Pada akhirnya, mereka akan datang kembali lebih sering jika konten Anda berharga, mengajarkan mereka sesuatu atau memberikan mereka ide.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

3 Komentar untuk “Membangun Komunitas Dengan Pembaca Blog”

  1. Muhammad Amar
    20/05/2016 at 5:06 pm #

    Thanks infonya gan

    Reply
  2. Noer
    29/03/2014 at 4:09 pm #

    Saat komunitas pembaca bisa kita bangun keuntungan lain tentu trafik dan rank yg juga meningkat ya … Sukses selalu sobat….

    Reply
  3. camppor bawor
    06/02/2013 at 6:41 pm #

    ide yang menarik sekali,salam kenal.. dari saya..kunjungan tuk menjalin persahabatan. happy blogging

    Reply

Berikan Komentar Anda