Mengenal Aktivitas Bisnis Jual Beli Link

BlogBanyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Menariknya, aktifitas bisnis online dapat ditekuni oleh siapa saja asalkan memiliki kesungguhan dan mau belajar.

Anda tidak perlu memiliki ijasah S1 untuk dapat menjadi publisher google adsense.

Anda juga dapat memilih menekuni aktifitas ini sebagai usaha sampingan disela-sela kesibukan kerja, atau menjalankan secara full time.

Keberadaan blog dengan beragam platform juga semakin membuka jalan bagi pengguna internet yang ingin mulai berbisnis online.

Cara pembuatan dan pengelolaannya yang cukup mudah membuat siapa pun dapat memiliki blog, kemudian mengembangkannya sebagai alat untuk meraup rejeki.

Google adsense menjadi primadona bagi sebagian besar pebisnis online dalam menekuni aktivitas blog monetizing (mengelola situs atau blog untuk mendapatkan penghasilan), begitu juga program afiliasi seperti Clickbank dan amazon, di Indonesia sendiri, tidak sedikit pelaku bisnis online yang berhasil meraih penghasilan ratusan hingga ribuan dollar perbulan.

Berbisnis jual beli link adalah salah satu peluang lain yang dapat anda jalankan. Dengan menyediakan sedikit tempat disitus web untuk menempatkan beberapa link, anda dapat membuka sumber penghasilan baru selain dari Adsense, Clickbank, Amazon, dan lain-lain.

Anda dapat menjalankannya secara bersamaan. Memasang script iklan Google Adsense untuk mengumpulkan dollar dari tiap klik, dan menjual link untuk mendapatkan penghasilan tambahan misalnya.

Penghasilan melalui penjualan link bersifat flat. Tidak tergantung pada jumlah klik (seperti Google Adsense) ataupun jumlah penjualan produk (seperti Clickbank). Anda dan advertiser atau pemasang iklan menyepakati kontrak pemasangan link selama periode tertentu dengan harga yang ditentukan.

Pagerank menjadi faktor penentu penghasilan yang dapat anda raih melalui bisnis jual beli link. Semakin tinggi pagerank sebuah situs web, semakin tinggi pula harga yang ditetapkan untuk sebuah pemesanan link disitus tersebut.

Masih ingat sebabnya bukan? Ya, semakin tinggi pagerank sebuah situs pemberi link, semakin bagus juga kualitas  link yang diberikan dalam mendukung peningkatan pagerank  situs yang mendapat link.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menawarkan situs web kepada para advertiser, tetapi secara umum dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu metode penjualan langsung dan metode penjualan melalui broker. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kelemahan, namun keduanya dapat anda kombinasikan untuk mengoptimalkan potensi pendapatan yang dapat diraih.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

2 Komentar untuk “Mengenal Aktivitas Bisnis Jual Beli Link”

  1. jaket kulit
    29/03/2016 at 2:30 am #

    bisa pesan ga mas

    Reply
  2. Marko
    26/11/2012 at 2:10 pm #

    Menyimak master.

    Reply

Berikan Komentar Anda