Mengenal Alexa Ranking

Mengenal Alexa RankingHampir semua bisnis telah mengambil metode pemasaran online. Sekarang, ada berbagai cara untuk menarik lalu lintas yang ditargetkan.

Beberapa orang mungkin berpikir, satu-satunya cara untuk lebih dikenal dan dengan demikian mencapai tujuan finansial mereka adalah dengan mendapatkan skor tinggi pada Google.

Sementara yang lain berpikir bahwa sistem peringkat Alexa bisa sama menguntungkannya.

Yuk, kenalan sama Alexa Ranking, dilansir dari Avangate.com.

Apa itu Alexa Ranking?

Ini adalah sistem peringkat yang ditetapkan oleh Alexa.com (anak perusahaan amazon.com) yang pada dasarnya mengaudit dan menunjukkan frekuensi kunjungan di berbagai situs web.

Algoritmanya, berdasarkan pada peringkat lalu lintas Alexa mana yang dihitung, sederhana saja. Ia didasarkan pada jumlah lalu lintas yang didata dari pengguna yang memiliki Alexa toolbar yang terinstal selama lebih dari periode tiga bulan.

Lalu lintas ini didasarkan pada parameter seperti jangkauan dan tampilan halaman. Jangkauan mengacu pada jumlah pengguna Alexa yang mengunjungi situs tertentu dalam satu hari.

Page view, seperti namanya, adalah berapa kali suatu halaman tertentu (URL) dilihat oleh pengguna Alexa. Alexa.com menjelaskan meskipun pengguna tertentu mengunjungi URL yang sama beberapa kali pada hari yang sama, semua kunjungan akan dihitung satu.

Langkah pertama dari proses peringkat adalah menghitung jangkauan dan jumlah tampilan halaman untuk semua situs di Web setiap hari. Alexa ranking diperoleh dengan melakukan geometric mean dari jangkauan dan tampilan halaman, rata-rata selama periode yang sudah ditetapkan (tiga bulan).

Bagaimana cara kerja Alexa?

Cukup mudah memulainya. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs Alexa.com dan download (lalu menginstal) toolbar Alexa.

Toolbar ini menawarkan fungsi pencarian, tetapi terutama menampilkan peringkat (pada tingkat global) dari situs yang dikunjungi, serta situs yang telah dikunjungi oleh peselancar Web yang terhubung dalam beberapa cara dengan situs yang dikunjungi. Toolbar Alexa tidak hanya menampilkan informasi, tetapi juga mengirim data ke server pusat.

Jadi, setiap kali Anda mengunjungi halaman Web melalui browser Web (baik itu Internet Explorer atau Firefox) dimana toolbar terinstal, informasi dikirim ke server menunjukkan IP Anda dan halaman yang Anda kunjungi. Data tersebut dikumpulkan dari seluruh pengguna Web yang memiliki toolbar Alexa.

Dengan Alexa, semakin kecil peringkat numerik, semakin baik. Kebanyakan orang mengatakan bahwa jika Anda berhasil membuatnya di atas 100.000, itu adalah tanda bahwa situs Anda menikmati lalu lintas yang cukup berat.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda