Pentingnya Konten Unik Untuk Sebuah Blog

Unique Content

Content is the king but unique content is the real king.

Anda yang bergelut di dunia Internet Marketing pasti sudah sering sekali mendengar pernyataan tersebut. Maka anda tentulah tahu bahwa kualitas artikel dalam blog, website atau e-book anda, sangatlah penting.

Bagaimana sebuah artikel dapat dikatakan unik?

Sebuah artikel dikatakan unik apabila artikel tersebut berkualitas, menarik, dan tidak menjiplak artikel milik orang lain. Artikel unik tidak berarti harus berita terbaru. Anda bisa saja membahas sesuatu yang sudah sering dibahas oleh media atau blog lain, akan tetapi anda harus membahasnya dari sisi yang berbeda. Angkatlah sebuah ide yang pernah dibahas oleh blog/media lain , kemudian kembangkan ide dan modifikasi dengan kreatif. Kreatifitas andalah yang kemudian berperan.

Seberapa penting konten yang unik itu?

Ada alasan yang menyebabkan konten unik menjadi penting: Google tidak menyukai konten duplikat.

Jika anda mengecek artikel direktori, kebanyakan dari direktori ini mengajukan syarat bahwa artikel yang akan anda post di website mereka haruslah artikel anda sendiri dan belum pernah diposting di website lainnya. Kenapa? Ya karena itu tadi, Google tidak menyukai konten duplikat.

Baru-baru ini Google membuat beberapa perubahan pada cara mesin pencarinya untuk meranking website-website terbaik. Sekarang, kualitas dan orisinalitas konten adalah sangat penting. Artikel unik tidak hanya dinilai oleh mesin pencari, tapi juga oleh pengunjung website anda. Buatlah prioritas untuk memberikan pengunjung anda konten unik yang akan menarik minat mereka. Pengunjung akan ditarik oleh konten unik dalam website anda dan mengapresiasinya.

Memangnya kenapa kalo blog/website menggunakan konten duplikat?

Jika sebuah artikel diposting di dua website/blog yang berbeda dimana artikelnya sama persis, Google akan menganggap website ini tidak akan memberikan nilai lebih kepada pembaca. Pembaca hanya butuh membaca satu website dan mengabaikan website lainnya.

Salah satu alasan mengapa artikel unik sangat dibutuhkan adalah bahwa mesin pencari tidak akan menganggap penting sebuah website dengan konten duplikat. Ini berarti bahwa website anda tidak akan pernah mendapatkan page rank karena alasan orisinalitas.

Website anda tidak akan pernah mendapatkan page rank dan orang-orang yang mencari sebuah kata kunci yang relevan dengan website anda, tidak akan bisa berkunjung ke sebab mereka tidak melihat website anda di list teratas mesin pencari.

Kenapa konten duplikasi akan mendapatkan kesan yang buruk di mata pembaca?

Ketika seseorang membaca website anda, mereka mencari informasi yang orisinil. Mereka menginginkan konten yang akan menambah pengetahuan mereka. Ekpektasi ini akan turun ketika website anda menggunakan konten duplikasi.

Efeknya adalah pembaca akan merasa ‘déjà vu‘ dan ini akan membentuk pikiran mereka untuk tidak datang kembali ke situs Anda. Jika banyak pembaca yang berpikiran seperti ini, Anda akan kehilangan sejumlah calon klien karena tidak menggunakan artikel unik untuk blog Anda.

Irma Suryani
Chief Operating Officer (COO) AstaMedia Group // Chief Editor Teruskan.Com. Follow @_nanie_ or visit her blog www.nanie.me and her Google +.

4 Komentar untuk “Pentingnya Konten Unik Untuk Sebuah Blog”

  1. artikel unik
    17/03/2016 at 11:50 am #

    saat ini memang content betul-betul raja, karena google sudah fokus untuk memberikan informasi yang benar-benar bermutu bagi pembacanya…

    Reply
  2. Supriyatno
    19/08/2012 at 11:56 am #

    Saya setuju dengan anda bahwa conten pada blog kita harus beda dengan yang lain. Memang harus mau belajar banyak sih untuk bisa begitu.

    Reply
  3. yansugie
    06/08/2012 at 9:03 am #

    Ya, saya termasuk penganut mazhab bahwa konten adalah dewa! 😀

    Reply

Berikan Komentar Anda