Perhatikan 4 Hal Berikut Sebelum Membeli Laptop dan Smartphone

Aneka Gadget

img source: queromedia

Kebutuhan akan gadget, terutama laptop dan smartphone semakin meningkat, bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok. Hal ini disebabkan karena sesuai fungsinya laptop dan ponsel pintar membantu kita dalam mengerjakan banyak hal, mulai dari kerjaan kantor sampai yang sekedar untuk eksis di dunia maya.

Banyak dari kita yang ingin membeli laptop atau smartphone biasanya asal langsung beli tanpa mau mempertimbangkan beberapa aspek yang menurut saya penting sebelum memutuskan untuk memiliki gadget tersebut. Mulai dari harga, kebutuhan, sampai aspek teknis seperti RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), kapasitas Internal Storage (Penyimpanan Internal) dan OS (Operating System) dari laptop/smartphone incaran tersebut. Nah, dari banyak hal itu, saya memilih 4 yang menurut saya paling penting dan akan dikupas tuntas di postingan ini. So, stay tuned.

4 hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop dan smartphone sebagai berikut:

Pertimbangkan Harga

Soal harga, sesuaikan dengan kantong dan kebutuhan Anda. Pertimbangkan juga nilai tukar rupiah karena tren harga elektronik biasanya mengikuti kurs. Di jaman seperti sekarang ini sudah sangat banyak vendor laptop/smartphone yang bertebaran , mulai dari yang lokal sampai mancanegara (kayak turis aja :D). Nah, hal ini membuat variasi harga juga sangat beragam. Anda bisa mendapatkan laptop/smartphone dengan harga yang cukup murah namun tentunya dengan spesifikasi yang sama dengan merk/vendor terkenal yang membandrolnya lebih mahal.

“Mengapa harus mengeluarkan duit lebih hanya untuk membeli MEREK jika ada harga lebih murah dengan spesifikasi dan kualitas yang sama”.

Beli Laptop/Smartphone Sesuai Kebutuhan

Hal ini juga perlu dipertimbangkan. Jangan membeli laptop/gadget dengan spesifikasi berlebihan, cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika kebutuhan Anda hanya ingin beli laptop untuk browsing, nonton Youtube, main game sederhana dan aplikasi perkantoran seperti Ms. Office, dsb cukup beli yang spesifikasi menengah.

Perhatikan Spesifikasi

Pastikan Anda membeli laptop/smartphone dengan spesifikasi yang baik, namun tetap sesuaikan dengan kebutuhan. Spesifikasi standar di masa kini pada laptop contohnya bisa pilih yang menggunakan processor sekelas Intel i3/i5 2,0 GHz, RAM 4GB, HDD 500GB.

Cek OS (Sistem Operasi) Yang Digunakan

Salah satu yang paling penting dari laptop/smartphone adalah sistem operasinya. Untuk yang satu ini, pastikan sudah menggunakan versi yang terbaru. Yang paling banyak pilihan versi OS itu di gadget yang menggunakan sistem operasi Android, baiknya memilih yg paling baru karena tentu saja ada lebih banyak perbaikan dari versi sebelumnya.

Itu saja 4 hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli sebuah laptop/smartphone dan gadget lainnya. Intinya, Anda harus cerdas dalam memilihPenjelasan lebih detail mengenai spesifikasi, sistem operasi dan hal lainnya akan saya bahas lagi di postingan berikutnya. Jika ada yang ingin menambahkan, silakan berkomentar di bawah.

Selamat berburu gadget!

Wahyu Juniawan
We call him Wawan. This guy manage all technical problem in AstaMedia’s office, especially about computing and LAN, while he also manage some blogs. Visit his personal blog here.

1 Komentar untuk “Perhatikan 4 Hal Berikut Sebelum Membeli Laptop dan Smartphone”

  1. RianSylvester
    11/04/2015 at 12:36 am #

    kebanyakan orang beli laptop pengennya dengan spesifikasi yang mumpuni padal ama dy cuma di pake ngetik n online,mubajir,sepertinya mereka harus membaca artikel ini dulu hehehe….
    ijin nitip blog juga y min.
    http://silvester-blog.blogspot.com/

    Reply

Berikan Komentar Anda