Skema Link di Mata Google

skema link di mata googleAnda tahu pagerank? Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar namun kurang mengerti tentang pagerank tersebut.  Banyak penjelasan tentang apa itu pagerank.

Namun simplenya Pagerank adalah peringkat situs yang diberikan oleh google berdasarkan penilaian tertentu.

Peringkat Pagerank berskala 1-10 dimana semakin tinggi angka pagerank suatu situs maka makin baik pula kualitasnya dimata google.

Dalam halaman hasil pencarian (SERP), situs yang memiliki pagerank 9 akan  menduduki peringkat teratas dibandingkan halaman yang memiliki pagerank 8 atau dibawahnya.

Bagaimana google menilai peringkat situs anda? Peringkat situs dalam hasil pencarian google sebagian besar didasarkan pada analisis situs-situs yang ter-link ke situs anda. Penilaiannya berdasarkan kualitas,kuantitas dan relevansi link.

Semakin banyak link yang terkoneksi ke situs anda maka makin besar pula peluang situs tersebut mendapatkan peringkat yang tinggi. Hanya saja link yang terhubung ke situs anda haruslah link yang berkualitas. Link tersebut harus berkaitan dengan pokok pembahasan pada situs anda atau biasa disebut dengan relevansi.

Apa itu Skema Link

Menyadari hal ini, banyak orang yang ingin memanipulasi peringkat situsnya dengan melakukan skema link. Skema link dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat situs dalam hasil pencarian google. Dimana link-link yang merujuk pada situs adalah link yang tidak berkualitas atau tidak berkaitan.

Skema link di mata Google merupakan sebuah pelanggaran terhadap panduan webmaster google sebab skema link menurut google, dapat mempengaruhhi kualitas hasil penelusurannya.

Manipulasi link tersebut berakibat pada banyaknya hasil penelusuran yang tidak sesuai dengan kata kunci yang dimaksudkan. Walhasil halaman pencarian yang ditampilkan pada google bukanlah situs yang berguna atau dinilai sebagai sampah.

Berikut ini adalah contoh skema link yang dapat berdampak negatif pada peringkat situs dalam hasil pencarian:

  1. Membeli atau menjual link dari situs yang lulus pagerank atau memiliki pagerank tinggi. Dalam hal ini anda ketahuan memperjual belikan link dari situs anda yang memiliki pagerank tinggi kepada situs lain. Menjual artikel yang didalamnya terdapat link yang merujuk pada situs lain.
  2. Bertukaran link (situs A memberikan link ke situs B, begitu pula sebaliknya)
  3. Menghubungkan situs pada web spammer atau situs yang tidak terkait dengan maksud memanipulasi pagerank.
  4. Menggunakan program atau layanan otomatis untuk membuat link ke situs anda.

Cara terbaik untuk meningkatkan pagerank adalah dengan membuat situs anda unik dan membuat konten yang bermanfaat untuk orang lain.

Menurut Google hal ini akan cepat membantu popularitas situs terlebih jika konten tersebut benar benar berharga dan memberi banyak manfaat. Tentunya konten yang anda buat akan menjadi rujukan bagi situs lain yang ingin memuat konten yang berkaitan.

Jadi unique content is the king!

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

1 Komentar untuk “Skema Link di Mata Google”

  1. belajar wordpress
    08/06/2013 at 8:58 pm #

    wahhh.. mantabb banget infonya.. dilihat dari tulisannya, penulis udah pengalaman banget dengan SEO nih.. bagi ilmunya dong om..

    Reply

Berikan Komentar Anda