Tips dan Cara Memasarkan Blog

http://www.astamediagroup.comPada postingan sebelumnya telah disinggung dua pilihan untuk memasarkan blog dalam bisnis jual-beli link, yaitu memasarkannya secara langsung (direct selling) dan memasarkannya melalui broker. Kami juga telah menjelaskan kekurangan serta kelebihan dari kedua cara pemasaran tersebut.

Lalu cara mana yang lebih kami sarankan? Tentu saja memadukan keduanya.

Anda sudah menjadi pebisnis online sekarang, dan seorang pebisnis tentu tidak akan melewatkan peluang, bukan? Yang anda perlukan sekarang adalah ketelitian dalam menghitung peluang dan risiko yang ada.

Metode pemasaran langsung bisa dibilang nyaris tanpa resiko, berbeda dengan metode pemasaran melalui broker yang memiliki resiko “ketahuan” oleh Google sebagai penentu pagerank.

Namun jika anda memilih aman dengan mengabaikan broker dalam memasarkan blog, anda juga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan banyak advertiser karena dengan memasarkan melalui broker, blog anda akan memiliki pangsa pasar yang jauh lebih luas.

Untuk meminimalisir risiko “tertangkap basah” oleh Google dan mendapat hukuman penurunan pagerank, anda dapat memilih broker yang memberikan opsi pemasangan link secara manual.

Hal lain yang menjadi perbedaan antara menjual secara langsung dengan menggunakan broker adalah adanya komisi. Jika anda melakukan penjualan langsung, seluruh hasil transaksi menjadi milik anda sepenuhnya.

Sedangkan jika anda memanfaatkan broker, maka anda harus menyisihkan sebagian hasil transaksi sebagai komisi untuk broker tersebut. Besarnya jumlah komisi yang ditentukan oleh broker berbeda-beda.

Bagaimana dan di mana anda dapat memasarkan blog untuk menjaring para advertiser yang ingin membeli backlink dari blog yang anda miliki?

Memasarkan Blog Secara Langsung

Pada dasarnya cara ini dilakukan dengan memberitahukan bahwa blog anda menyediakan tempat untuk pemasangan link berbayar. Agar pemberitahuan tersebut tersebar luas, anda perlu memublikasikannya sebanyak mungkin. Di mana mempublikasikannya? Ada dua tempat yaitu di blog anda sendiri dan di forum-forum.

Memasang Pemberitahuan di Blog

Tidak menutup kemungkinan ada beberapa pengunjung yang tertarik untuk memasang link situs web atau blognya di blog anda. Karena itu, cantumkanlah pemberitahuan bahwa blog anda menawarkan backlink bagi yang berminat. Cantumkan juga alamat email, nomor kontak atau ID Yahoo! Messenger anda agar mereka dapat menghubungi anda dengan mudah saat ingin membeli backlink.

Selain memfasilitasi pengunjung yang memang sedang mencari backlink, pemberitahuan yang anda cantumkan juga dapat menimbulkan minat pengunjung yang tadinya hanya sekedar mampir dan membaca-baca artikel di blog anda.

Gunakanlah kata-kata yang menarik sertakan informasi mengenai nilai pagerank blog anda. Anda dapat memberikan informasi pegarank blog dengan menampilkan indikator pagerank (pagerank button) untuk lebih menarik minat calon advertiser.

Memasarkan Blog di Forum

Forum adalah salah satu tempat strategis untuk memasarkan blog dan mendapatkan advertiser, khususnya forum-forum para pebisnis online dan pemilik situs web atau blog.

Mendaftarlah pada forum-forum tersebut dan cari subtopik jual beli lalu buat thread penawaran pemasangan backlink di blog anda. Informasikan pagerank blog, harga yang anda inginkan, cara pemesanan, dan lain-lain.

Forum Adsense ID menjadi tempat yang banyak digunakan oleh para pebisnis online dari Indonesia untuk melakukan transaksi jual-beli link. Jika ingin lebih mendunia, forum internasional seperti Digital Point dapat dijadikan pilihan.

Agar thread yang anda buat diketahui member forum lainnya, cantumkan url thread tersebut pada signature dengan disertai promosi yang menarik lalu ikuti diskusi-diskusi di forum tersebut secara aktif.

Signature yang anda buat akan dilihat oleh banyak member lainnya jika anda cukup aktif dalam mengikuti diskusi karena signature akan tercantum pada setiap post yang anda buat di forum.

Nah, selamat mencoba!

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

13 Komentar untuk “Tips dan Cara Memasarkan Blog”

  1. UminAbdillah
    01/01/2015 at 9:28 pm #

    Kamu punya bakat/hobby menulis??http://belajarnulis.com/ tempat yang tepat untuk menyalurkan bakat/hobby anda.
    Apa sih http://belajarnulis.com/??
    Car tahu sendiri di http://www.belajarnulis.com/
    Siapkan diri anda untuk menjadi penulis besar Indonesia Berikutnya …!!!
    AYO MENULIS DAN BERSAMA KITA MENGINSPIRASI DUNIA

    Reply
  2. donnyrosa3
    27/12/2014 at 4:48 pm #

    sangat bermanfaat Mau punya website pribadi? Murah & memuaskan…Silahkan kunjungi jasa pembuatan website di http://www.raulmas.com/web

    Reply
  3. jual tas kamera
    16/12/2014 at 11:15 am #

    wah banyak juga ya? yang penting bisa focus, biar blognya bisa terkenal. hehehe.
    thanks Gan infonya. 😀

    Reply
  4. sentralutama.com
    04/08/2014 at 6:10 pm #

    Trima kasih infonya.

    stempel Warna, toko online http://sentralutama.com

    Reply
  5. ecfmode
    04/07/2014 at 1:18 am #

    Wah, thnaks banget ya gan. that's great . salam kenal, saya pemilik Jual Fashion Online

    Reply
  6. ecfmode
    24/06/2014 at 12:16 pm #

    thanks banget gan atas infonya Jual Fashion Online

    Reply
  7. Jual Gamis Online
    24/06/2014 at 12:12 pm #

    thanks banget atas infonya bro

    Reply
  8. arie
    03/05/2014 at 6:14 pm #

    thanks gan infonya, aane dah lma bikin blog tapi minim banget penngunjungnya…

    Reply
  9. Haryoko Hardjo
    29/04/2014 at 1:10 pm #

    Maksudnya opsi pemasangan link secara manual itu kek gimana mas bos? artikel2nya menarik buat dibaca. Thanks

    Reply
  10. Jual Jaket Couple
    15/04/2014 at 9:12 pm #

    Bisa dipraktekin nih gan, okey

    Reply
  11. Tas Kamera Murah
    15/04/2014 at 9:11 pm #

    Keren banget nih gan

    Reply
  12. UnO Shop
    20/02/2014 at 4:07 am #

    Keren gan..

    Reply

Berikan Komentar Anda