Tips dan Trik Penggunaan Search Engine Google

Tips Penggunaan Search Engine GoogleBagi pengguna internet tentu sudah familiar dengan mesin pencari bernama Google. Mencari sesuatu dengan mengetikkan sebuah kata kunci tentunya sudah lazim Anda kerjakan pada mesin pencari ini jika ingin mendapatkan informasi yang Anda cari .  Namun tahukah Anda bahwa Google sudah dirancang sebagai sebuah mesin pencari yang tidak hanya melakukan sebuah pencarian sederhana saja. Jika ingin tahu bagaimana cara kerjanya, silahkan Anda simak pada artikel  cara google bekerja.

Dengan mengetahui tips dan trik penggunaan search Engine Google, bisa saja lebih memudahkan Anda dalam menemukan informasi yang Anda cari dengan lebih spesifik. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan sedikit tips yang mungkin belum Anda ketahui  tentang bagaimana memaksimalkan pencarian di search engine Google :

Mencari Potensi Lokal

Jika Anda traveling ke suatu tempat dan ingin mengetahui tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi pada daerah tersebut, Anda bisa memanfaatkan pencarian lokal pada google dengan mengunjugi Google Local . Dari sini Google akan merekomendasikan beberapa tempat menarik yang ada pada tempat Anda saat ini. Misalkan Anda mengetikkan hotel, yang akan tampil adalah hotel hotel lokal. Tidak hanya alamatnya saja, bagaimana cara kesananya pun Anda akan dipandu. Mau naik mobil, sepeda bahkan berjalan kaki.

 Mencari Definisi

Punya tugas sekolah, ataukah penasaran dengan definisi dari kata yang Anda dengar atau temukan. Anda bisa memanfaatkan google untuk mengetahui jawabannya. Silahkan ketikkan kata apa yang ingin Anda ketahui kemudian tambahkan saja kata adalah, ialah, maka dengan sendirinya google akan menampilkan beberapa situs yang menyajikan informasi tentang definisi kata yang Anda cari.

Prakiraan Cuaca

Sebelum bepergian ke suatu tempat ada baiknya Anda mencari tahu prakiraan cuaca tempat yang akan Anda kunjungi. Ini sangat bermanfaat agar Anda tahu barang apa saja yang Anda butuhkan untuk dibawa serta. Untuk mengetahuinya anda cukup mengetikkan cuaca diikuti dengan nama kota tujuan Anda. Misalnya Cuaca Makassar, halaman pencarian google akan menampilkan prakiraan cuaca kota tujuan Anda hari ini dan prakiraan empat hari berikutnya.

Kehilangan Kalkulator ?

Search Engine Google rupanya tidak hanya dirancang hanya untuk mencari informasi dari sebuah kata kunci saja, tetapi dapat pula berfungsi sebagai sebuah kalkulator sederhana. Tidak percaya? silahkan ketik angka yang ingin kalikan atau jumlahkan misalnya 250 x 250 dengan sendirinya google akan memunculkan hasilnya.

Manfaatkan File type untuk mencari PDF atau Word

Mencari informasi dengan tipe file tertentu akan lebih mudah dengan google. Trik ini biasanya sangat berguna bagi Anda yang senang dengan ebook yang umumnya dalam bentuk file PDF. Caranya cukup mudah, misalnya saja Anda mencari panduan sistem akademik, tambahkan kata filetype : pdf setelahnya contoh : ” panduan sistem akademik filetype: pdf ” maka google akan menampilkan hasil pencarian berupa file pdf.

Dan masih banyak lagi beberapa hal menarik seputar search engine google. Jika Anda mengetahui hal menarik lainnya, silahkan berbagi disini !

Terima kasih

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda