Tips Internet Aman untuk Anak

Tips Keamanan Internet Untuk Para Orang Tua

Internet aman untuk anakZaman telah berganti, era teknologi kini menguasai. Ingatkah dulu sewaktu kecil kita masih bermain di taman dan memainkan beberapa permainan tradisional dengan beberapa teman sebaya? Kini, sudah sangat jarang kelihatan hal seperti demikian pada anak-anak kita. Anak-anak sekarang lebih akrab dengan gadget milik mereka daripada bersosialisasi dengan teman-teman mereka. Boleh dibilang internet adalah tempat bermain untuk anak-anak sekarang.

Anak-anak zaman sekarang telah bersentuhan dengan internet melalui gadget yang mereka miliki. Dari gadget tersebut mereka bermain games, menonton video di  youtube, bersosialisasi di dunia virtual dan mengerjakan pekerjaan rumah dengan bantuan mesin pencari.

Kegiatan tersebut sah-sah saja disaat sekarang ini. Namun Anda sebagai orang tua tentu harus paham bahwa Internet bisa membawa semua hal kedalam rumah Anda, baik itu hal postif maupun negatif. Untuk itu diperlukan kontrol orang tua dan bimbingan  pada anak dalam menggunakan internet.

Jalan terbaik dalam mengontrol anak saat mereka sedang online adalah dengan menghabiskan waktu bersama ketika mereka berselancar dan membuka situs-situs favoritnya. Anda bisa memberi pengertian kepada mereka apa yang boleh mereka kunjungi dan situs-situs apa yang tidak boleh.

Mengapa Keamanan Internet Penting Untuk Anak Anda

Anak-anak jaman sekarang bisa mengakses internet dari beberapa alat yang berbeda. Mereka bisa mengakses dari notebook, komputer desktop, smartphone, tablet dan lain sebagainya. Boleh dibilang mereka tumbuh bersama dengan gadget-gadget tersebut.

Di tengah pertumbuhannya itulah, penting untuk anda membimbing dan mengajarkannya tentang keamanan berinternet. Memberikan pemahaman agar dalam pertumbuhan psikologinya mereka sudah bisa membatasi diri pada apa yang baik dan yang tidak. Seperti halnya dalam bermain games. Banyak games online saat ini yang menunjukkan adegan kekerasan seperti perkelahian dan adu tembak. Hal hal yang membutuhkan penjelasan perbedaan tentang kejadian di dunia virtual dan dunia nyata.

Pemahaman Dasar Keamanan Berinternet

Telah banyak kejadian kriminal yang dimulai dari kegiatan berinternet, seperti halnya penculikan dan pelecehan anak. Untuk itu diperlukan peran orang tua dalam menjaga kegiatan online anaknya.

Beberapa hal yang perlu anda terapkan untuk memberikan pengertian  pada anak Anda adalah :

  • Jangan pernah membagikan nama, sekolah, umur , nomor telepon dan alamat
  • Jangan pernah mengirimkan foto pada orang asing
  • Simpanlah password untuk pribadi dan hanya mereka dan anda (orang tua) yang boleh tahu.
  • Jangan membuka emai l dari orang asing, beri pengertian bahwa email tersebut mungkin mengandung virus atau semacamnya yang bisa merusak gadget mereka.
  • Segera beritahu Anda, ketika sesuatu yang mereka tidak mengerti terjadi.

Langkah Yang Perlu Dilakukan Orang Tua Untuk Keamanan Internet Anak

Kunjungi situs yang sesuai dengan umur anak. Sebelum anak anda berselancar di internet, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu situs-situs tersebut. Apa saja konten didalamnya dan periksa apakah situs tersebut layak untuk anak anda.

Gunakan Mode Pencarian yang Aman. Saat ini telah disediakan mesin pencari dengan kategori search safely. Anda bisa menggunakan browser tersebut kemudian melakukan penyetelan (filter) apa saja yang boleh dibuka dan tidak boleh dibuka. Dengan begitu akan sedikit mengurangi kekhawatiran anda pada anak.

Letakkan Komputer pada tempat yang umum di rumah anda. Untuk memudahkan control terhadap perilaku internet anak anda, sangat disarankan untuk meletakkan komputer di tempat umum seperti ruang keluarga bukan memberikan mereka komputer di kamar. Disini anda akan lebih mudah memantau kegiatan internet anak anda.

Berikan batasan penggunaan Gadget. Penggunaan gadget berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek yang kurang baik bagi anak. Misalnya saja bagi kesehatan mata dan sosialisasi mereka. Anda bisa memberikan batasan kepada anak, berapa lama mereka boleh menggunakan gadget. Hal ini penting agar anak tidak terjebak dengan kegiatan monoton dan kurang berinteraksi dengan kegiatan sosial lainnya.

Perlihatkan kebiasaan berinternet anda dengan hati-hati.  Jika anda adalah penggiat internet, sebaiknya perlihatkan kebiasaan anda tersebut dengan hati-hati. Anda adalah model percontohan bagi mereka.

Semoga tips berinternet dengan aman untuk anak ini dapat membantu Anda (orang tua) dalam membimbing anak memahami dan menggunakan internet dengan bijak.

Sumber : disadur dari commonsensemedia internet safety tips dan beberapa sumber lainnya

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

Berikan Komentar Anda