Tips Membuat Pengunjung Lebih Betah Di Situs Anda

 

Situs Lambat LoadingAda beberapa hal yang sering dikesampingkan orang ketika merancang sebuah situs. Seringkali orang hanya fokus pada tampilan dari website agar lebih enak dipandang mata. Padahal tampilan yang bagus belum tentu akan menjamin pengunjung situs yang Anda buat tersebut akan berkunjung lagi dan lagi. Sedangkan tujuan utama dari pembuatan web adalah mendapatkan kunjungan yag banyak dan berulang.

Lalu bagaimana cara mendapatkan keduanya? Tentunya Anda menginginkan tampilan website yang bagus dan juga sering dikunjungi orang. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda meningkatkan popularitas halaman web yang Anda buat.

Halaman website mudah di akses

Terkadang Anda  menemukan sebuah situs yang sangat lambat untuk di buka atau diakses. Seringkali Anda mengira bahwa jaringan internet yang Anda gunakan sudah melambat. Nyatanya memang situs yang Anda buka, lambat untuk memuat kontennya.

Jika Anda tidak menginginkan hal yang sama terjadi pada website Anda, maka Anda harus mengupayakan agar situs yang Anda buat cepat dalam memuat konten dan mudah untuk diakses.  Dijaman yang serba cepat ini, orang sudah sangat menginginkan informasi yang cepat dan mudah untuk diakses. Itulah sebabnya provider internet berlomba lomba untuk menghadirkan kecepatan internet yang berlipat ganda untuk pelanggannya.  Anda pun harus berpikiran sama jika ingin pembaca menghargai situs buatan Anda. Halaman web yang ringan dan mudah dimuat akan membuat pembaca Anda tinggal lebih lama.

Selain itu, halaman yang cepat dimuat lebih disukai oleh search engine seperti google. Alasannya, Search engine tentu saja ingin memberikan sesuatu (halaman situs ) yang bernilai pada pembaca.  Keuntungan lain memiliki halaman yang ringan adalah peringkat situs Anda akan sedikit lebih tinggi di mata search engine.  Ada beberapa search engine populer yang bisa Anda baca di artikel Search Engine Popular

Ada beberapa alasan mengapa situs lambat untuk dimuat :

  • Broken link, atau link situs yang tidak dapat diakses dari situs Anda akan memperlambat halaman web  Anda untuk dimuat. Memperbaiki link –link yang rusak pada situs  Anda akan sangat membantu membuat halaman situs lebih cepat diakses.
  • Gambar yang tidak dioptimasi, gambar dengan ukuran yang sangat besar tentunya akan menyita waktu untuk memuatnya. Untuk itu Anda perlu mengkonfersi gambar keukuran yang lebih kecil dan kompatibel dengan halaman website Anda. Yang anda perkecil hanya ukurannya saja, tetap jaga kualitas gambar tersebut.

Lengkapi Situs Dengan Navigasi yang Baik

Agar situs Anda menjadi user friendly atau mudah digunakan oleh pembaca, Anda perlu melengkapi situs Anda dengan navigasi yang baik.  Pengaturan halaman, dan konten sangat diperlukan agar pengunjung dapat dengan mudah membuka dan menjelajah di situs Anda.  Contohnya jika artikel yang Anda buat cukup panjang, sangat di anjurkan untuk menambahkan anchor text pada kalimat yang berhubungan dengan artikel di halaman lain. Dengan begitu, pembaca akan betah berlama-lama membaca artikel yang Anda muat.

 Semoga tips sederhana di atas dapat membantu untuk menambah jumlah pengunjung ke situs yang Anda buat.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

4 Komentar untuk “Tips Membuat Pengunjung Lebih Betah Di Situs Anda”

  1. abdul
    22/05/2014 at 7:28 am #

    Blog saya masih acak acakan. Haduh…

    Reply
  2. latif
    20/05/2014 at 7:09 am #

    Sepertinya kalo conten blog berisi tips tips itu juga ampuh membuat visitor betah berlama2 berkunjung.

    Reply
  3. alex
    20/05/2014 at 7:05 am #

    Kalo saya malah lebih memilih templat standar bawaan blog, coz saya rasa apa yang direkomendasikan sang pemilik blogspot(google) itu yang terbaik. Emang kurang menarik sih, cuman rencananya kalo blog udah mapan (banyak visitor) baru saya ganti templat.

    Reply
    • Arief
      10/06/2014 at 8:25 pm #

      Saya setuju dengan pendapat bro Alex, saya pun menerapkan hal yang sama saat membangun sebuah blog baru. Alasannya simple, template standar bawaan lebih ringan. Jadi lebih cepat loadingnya. Yang perlu dikerjakan hanyalah mengisi konten sebanyak banyaknya terlebih dahulu. Begitu sudah mendapatkan kunjungan yang baik barulah saatnya memperbaiki tampilan.

      Reply

Berikan Komentar Anda