Mengatasi Dampak Buruk Penggunaan Sosial Media

mengatasi dampak buruk social mediaAnda tentu mengenal sosial media. Ya, sosial media memang bukanlah hal baru. Terlebih saat sudah bekembang pesatnya tekonologi perangkat digital saat ini, dimana kita dimudahkan dalam mengakses informasi apa saja lewat internet.

Sosial media sebenarnya eksis sudah cukup lama dan awalnya digunakan untuk saling melakukan komunikasi antar teman lama maupun baru, yang dapat disebut sebagai cara untuk bersosialisasi lewat dunia maya.

Sosial media memberikan banyak manfaat, diantara menjalin komunikasi kembali dengan orang yang sudah lama tidak kita ketahui informasinya, hingga saling membagi informasi dan bahkan juga berkembang menjadi media pemasaran suatu bisnis.

Namun hal tersebut tidak membuat sosial media selalu berdampak positif. Mungkin anda sudah pernah mendengar banyak berita negatif ang disebabkan oleh sosial media seperti penipuan, pengambilalihan (hack) akun pribadi, beredarnya foto maupun video yang tidak sepatutnya hingga pelecehan seksual dimana korbannya dijebak melalui sosial media.

Dampak negatif tersebut memang terdengar mengerikan. Namun, anda dapat mencegah dampak buruk itu terjadi dengan beberapa cara seperti berikut ini.

1. Mengatur Setelan Privasi

Banyak orang yang tanpa sadar membiarkan seluruh informasinya terbuka untuk umum, bahkan orang yang tidak menjadi ‘teman’ di akun media sosialnya.

Hal ini yang dapat menimbulkan damak negatif karena orang menjadi leluasa membuka, melihat hingga menyimpan segala jenis informasi dan media di akun kita. Ubahlah setelan privasi anda yang dapat atur sesuka anda, baik itu hanya dapat diakses oleh teman atau yang lainnya.

2. Kata Sandi yang Sulit Ditebak

Saat mendaftar di sebuah sosial media, kita diminta untuk membuat kata sandi. Terkadang kita membuat kata sandi yang sangat mudah diingat oleh kita, dimana sayangnya kata sandi ini bisa saja dengan mudahnya ditebak oleh orang lain.

Untuk amannya, pilihkan kata sandi yang orang lain tidak mudah menebaknya namun juga tidak terlalu rumit untuk anda. Anda dapat membuat kata sandi dari nama barang kesayangan anda, nama kecil anda, hingga percampuran huruf, angka dan tanda baca.

3. Log Out, Please!

Banyak akun sosial media yang sangat mudah diambil alih orang lain karena kesalahan kecil: lupa log out. Keluar dari akun kita setelah menggunakan sosial media sangat disarankan terlebih jika kita menggunakan perangkat elektronik milik umum seperti di warnet maupun ruangan komputer.

4. Waspada Terhadap Orang Asing

Sebagian besar penipuan lewat sosial media terjadi karena seseorang mudah sekali percaya dengan orang yang baru dikenalnya. Pahamilah bahwa di sosial media orang bebas ‘jujur’ atau ‘berbohong’ atas akun yang dimilikinya, berikut informasi dan foto yang tertera.

Sebaiknya bertemanlah hanya dengan orang-orang yang memang anda kenal secara pribadi dan jangan mudah diajak bertemu atau melakukan bisnis dengan orang yang baru anda kenal.

###

Itulah 4 tips untuk menghadapi dampak negatif sosial media. Tetaplah waspada dan bijak menggunakan akun anda agar dapat menikmati manfaat sosial media dengan nyaman.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

1 Komentar untuk “Mengatasi Dampak Buruk Penggunaan Sosial Media”

  1. jasa poles marmer
    14/05/2014 at 3:53 pm #

    Mantap. Sebagai tambahan, hindari menyimpan informasi yang sangat penting. Akun sosial media bukanlah tempat yang aman, maka selayaknya kita tidak menyimpan informasi berharga di sana.

    Reply

Berikan Komentar Anda