Tips Mengontrol Penggunaan Internet Pada Anak

awasi anak saat onlineBerkembangnya teknologi online saat ini tidak hanya dapat dinikmati manfaatnya oleh kaum dewasa, namun juga anak-anak.

Oleh sebab itu bukanlah hal yang asing jika saat ini anda melihat anak-anak yang masih berumur belia sudah memiliki gadget digital yang mereka bawa dan gunakan setiap saat. Bahkan, banyak dari mereka yang tahu cara mengakses internet lebih dari orang tuanya.

Hal ini disebabkan tidak hanya oleh fenomena dunia online yang semakin mudah diakses, namun juga lemahnya kontrol orang tua terhadap anak-anak mereka dalam penggunaan internet.

Dampak negatif internet pada anak mungkin sudah anda ketahui, seperti anak menjadi malas belajar, anak menjadi terlalu cepat dewasa, anak mengakses situs-situs dewasa hingga penculikan maupun hal buruk lainnya yang dapat terjadi pada anak hanya karena pengawasan penggunaan internet yang sangat lemah.

Bagi Anda yang memiliki anak yang sudah mulai menggunakan perangkat digital untuk mengakses internet, berikut tips untuk mengawasi penggunaannya :
1. Luangkan Waktu Dengan Anak Saat Menggunakan Internet
Anda dapat meluangkan waktu dengan anak dalam menggunakan internet bersama-sama. Hal ini dapat mengontrol atau mengawasi penggunaan internet oleh mereka. Jika mereka risih atau keberatan dengan adanya anda di sebelah mereka saat mereka mengakses internet, anda dapat mengeceknya sesekali.

Meluangkan waktu untuk mengakses internet besama-sama juga penting karena anda dan anak harus sama-sama tahu cara mengakses situs di Internet, menggunakan sosia media dan lain sebagainya. Hal ini untuk meminimalisir pengetahuan anak soal internet yang melebihi anda.

2. Memberi Pengetahuan Tentang Dampak Buruk Internet
Bicarakan dan diskusikan dengan anak tidak hanya dampat negatif penggunaan internet, namun juga negatifnya.

Anda juga dapat mencontohkan beberapa kasus karena penggunaan internet yang tidak dibatasi atau keluar batas, hingga memberikan mereka beberapa aturan khusus dalam menggunakan internet, misalnya batas jam dan lain sebagainya.

3. Nasehat Tentang Orang Asing
Internet tidak jauh dari fenomena sosial media, dimana orang dengan berbagai umur dapat mengaksesnya. Sosial media yang digunakan untuk saling berkomunikasi dengan orang lain sayangnya banyak memiliki dampak negatif terutama seseorang yang dijebak oleh orang asing.

Berikan nasihat kepada anak anda untuk tidak berteman dengan orang asing yang belum pernah ditemui sebelumnya atau menolah ajakan bertemu orang asing tersebut.

4. Kembangkan Aktivitas Lainnya
Anak yang kecanduan internet biasanya disebabkan oleh minimnya aktivitas yang dapat dia lakukan. Orang tua yang bijak dapat mengawasi penggunaan internet pada anak dengan cara mengembangkan aktivitas kreatif lainnya yang dapat anak lakukan.

Aktivitas tersebut sebaiknya berupa aktivitas luar yang berhubungan dengan alam, pengetahuan hingga seni.
Itulah 4 tips mengawasi penggunaan internet oleh anak anda. Jadilah orang tua yang bijak namun juga tidak gaptek untuk mengimbangi pengetahuan teknologi digital yang dimiliki sang anak.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda