4 Alasan Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Mahasiswa

4 Alasan Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Mahasiswa

Spirit Berwirausaha Sejak Mahasiswa

ASTAMEDIAGROUP.COM – Banyak orang yang mengatakan bahwa berwirausaha sejak masih duduk di bangku kuliah itu ialah hal yang bagus. Pujian tidak henti-hentinya dilayangkan kepada mereka yang menjadi CEO dan founder sebuah usaha ketika masih berstatus mahasiswa ditengah banyaknya tugas dan kewajiban yang harus mereka jalani yaitu belajar.

Seorang mahasiswa belum memiliki tanggungan seperti orangtua, kecuali mahasiswa yang telah menikah dan memiliki anak, namun di luar hal itu, kebanyakan uang yang dihasilkan para enterpreneur muda ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan biaya hidup sehari-hari sebagai anak muda.

Sesekali mereka memberikan sebagian hasil mereka kepada orangtua, namun tak jarang para orangtua tentu karena menganggap anak-anak muda itu masih dalam tanggungannya.

Bagi kamu yang masih muda, belum pernah berwirausaha, dan penasaran bagaimana menyenangkannya berwirausaha, cobalah untuk merintis usaha dengan memulainya dari hal yang kecil.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda dianjurkan untuk berwirausaha sejak masih berstatus mahasiswa :

1. Peluang untuk Mendapatkan Pekerjaan Akan Meningkat

Selama kondisi perekonomian masih tidak stabil, jutaan sarjana Indonesia akan sulit untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Karena itu, jika Anda mengaku telah membangun sebuah bisnis selama menjadi mahasiswa, maka hal itu bisa menjadi nilai plus bagi Anda sekaligus membuat Anda menonjol dibanding sarjana lain. Selain itu, bisnis yang Anda bangun juga telah menunjukkan bagaimana diri Anda sebenarnya, yaitu Anda yang memiliki kemandirian dan kemauan untuk sukses.

Harus diakui bahwasannya ilmu yang didapatkan selama kuliah hanya memiliki sedikit relevansi dengan apa yang dihadapi di dunia kerja. Karena itu, tunjukkanlah bahwa Anda memiliki pemahaman yang seimbang antara bisnis dengan ilmu yang didapat selama kuliah. Saat perekrutan karyawan, CV yang mencantumkan riwayat wirausaha jauh lebih mengagumkan dibanding hanya menjadi anggota klub.

2. Universitas adalah Tempat Terbaik untuk Mengakses Sumber Daya

Universitas yang dihuni oleh ribuan mahasiswa menjadi tempat yang baik untuk menguji ide bisnis Anda, apakah dapat diterima atau tidak. Saat ini berbagai universitas Indonesia tengah giat-giatnya mendorong para mahasiswa untuk menuangkan ide dan kreativitas mereka dalam bentuk laporan ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa, dimana ide yang unik, berkualitas, dan memberi manfaat akan

dibiayai oleh Dikti untuk segera diaplikasikan. Selain itu, universitas adalah tempat yang sangat fantastis untuk membangun relasi dengan banyak orang, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga professor.

Ada banyak tenaga pengajar universitas yang tidak hanya mengAndalkan gaji, diluar universitas mereka mendirikan usaha sampingan untuk menambah penghasilan, pengalaman, dan wawasan, Anda bisa belajar banyak mengenai kiat berwirausaha dari mereka. Jika tidak ingin menjalankan sendiri, Anda bisa mengajak teman Anda untuk membangun bisnis bersama.

3. Memperoleh Tambahan Uang Saku

Mungkin Anda tidak seketika menjadi miliader setelah menuai keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan, akan tetapi peluang untuk menambah uang saku tentu ada.

Menjalankan bisnis pribadi jauh lebih menyenangkan karena Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari bidang yang Anda sukai, dibanding Anda harus melakukan kerja part time yang belum tentu Anda sukai, seperti pramu saji, cleaning service, penjaga toko, dan sebagainya yang membuat Anda terikat waktu.

4. Mendapatkan Pengalaman yang Menyenangkan

Experince is the best teacher. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan slogan ini. Ya, merasakan pahit-manis saat berbisnis, bertemu dengan orang-orang baru yang expert dalam bidang bisnis, dan memperoleh penghasilan atas jerih payah sendiri menjadi pengalaman yang menyenangkan, berharga, indah untuk diingat dan tentunya bermanfaat bagi masa depan Anda.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

3 Komentar untuk “4 Alasan Mengapa Harus Berwirausaha Sejak Mahasiswa”

  1. RianSylvester
    11/04/2015 at 12:40 am #

    saya juga pengen banget,tapi bingung harus memulai dari mana,karna saya ga punya basic di bidang usaha.
    ijin nitip blog juga y min.
    http://silvester-blog.blogspot.com/

    Reply
  2. Joesat
    26/03/2014 at 1:21 am #

    Saya sangat bersemangat sekali stelah mendengar kesuksessan mas Asri Tada di audio buku mas Ippo Santosa, mohon ilmu bloggingnya mas…

    Reply
  3. jeane
    24/03/2014 at 6:29 pm #

    Kalo saya wirausaha mah ga nunggu jadi mahasiswa, lawong saya ga sempat kuliah. He he he… pengalaman kerja saya setelah lulus smp. Kerenkan mas… salam kenal.

    Reply

Berikan Komentar Anda