Cara Membuat Peringkat Tinggi Di Mesin Pencari Google

http://www.astamediagroup.comPenggunaan link dari ODP merupakan peluang emas yang tidak boleh anda sia-siakan.

Google memiliki kepintaran dalam mengelola index tersebut. Mesin-mesin yang mereka gunakan didukung kuat oleh system yang canggih.

Perbanyaklah link dari situs lain yang mengarah ke situs anda, gunakan berbagai strategi untuk itu, sehingga situs anda bisa dianggap sebagai situs yang popular dibandingkan dengan situs lainnya terutama dari sudut pandang mesin Google.

Penulis berharap gambaran strategi-strategi dari berbagai area diatas tidak terlalu complicated dan dapat disampaikan dengan sederhana.

Bagaimana membuat peringkat di Google.

Secara singkat, cara membuat peringkat tinggi dari hasil pencarian google dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Bagaimanapun caranya, perbanyaklah link dari situs lain kehalaman yang anda maksud di situs anda. Selama ini, cara ini adalah cara yang terpenting.

2. Optimalkan pemilahan title pada halaman anda, berikut dengan meta tags lainnya.

3. Gunakan dan optimalkan pemakaian Header tags (H1, H2, H3, H4)

Kenapa Google Mengindex Lebih Sedikit?

Pertanyaan ini memang sering muncul dari para pemilik situs, kenapa index dari situs mereka lebih sedikit dilakukan oleh Google dibandingkan dengan situs lainnya seperti MSN,Yahoo dan lain-lain.

Mereka melakukan proses peng indexan halaman dari situs dengan hati-hati. Google pun mengakui bahwa mereka mengindex pada beberapa website yang ada.

Penggunaan Google sitemaps yang mengarahkan halaman-halaman yang ada disitus anda secara baik, mungkin akan cara terbaik untuk membuat Google melacak halaman-halaman yang ada disitus anda termasuk factor yang menguntungkan anda.

Jika nilai PageRank sangat rendah, katakanlah bernilai dua atau kurang, mereka belum tentu akan mengindex halaman-halaman secara baik.

Baclink pada Google

Kenapa backlink terhadap situs anda lebih sedikit terdaftar dibandingkan dengan search engine lainnya? Mm….Google memang dengan sengaja tidak mendaftarkan semua link yang menuju ke halaman tertentu.

Ini adalah suatu usaha untuk menetapkan pemeliharaan dari webmaster dalam memanipulasi system mereka. Mereka juga meng-update backlink berdasarkan suatu dasar waktu secara berkala.

Mungkin anda telah menemukan backlink baru, namun tidak dimunculkan pada Google. Google sebenarnya mengetahui hal itu. Hanya saja mereka belum menampilkannya.

Ada hal penting juga yang perlu diingat, bahwa Google hanya menampilkan backlink untuk suatu halaman spesifik yang anda minta, biasanya halaman utama atau homepage, tidak untuk semua situs seperti yang dilakukan oleh search engine lainnya.

Disamping itu, Google juga menampilkan sejumlah backlink yang menuju ke suatu halaman. Biasanya adalah untuk halaman utama atau homepage, sedangkan untuk Yahoo dan beberapa search engine lainnya menampilkan backlink ini perdomain.

Halaman yang di index oleh Google

Ada beberapa alasan, kenapa tidak semua halaman situs anda tidak di index oleh Google, dan kenapa Google lebih sering mengindex halaman tertentu dibandingkan dengan halaman lainnya, yaitu:

1. Situs anda masih baru. Tentu saja anda tidak berfikir bahwa Google akan mengindex semua halaman secara segera, betul kan?

2. Situs anda masih memiliki PageRank yang rendah. Pengalaman membuktikan bahwa situs dengan PageRank yang tinggi lebih sering didatangi dan diindex oleh Google dibandingkan dengan PageRank yang rendah. Mereka menilai tingkat kepopuleran situs anda berdasarkan PageRank ini.

3. Situs anda memiliki halaman yang dinamis, atau menggunakan session dengan nama ID, penggunaan ID ini dianggap tidak search engine friendly, mereka tidak terlalu menganggap halaman dengan menggunakan session dengan menggunakan nama ID ini.

Solusi singkatnya, jika halaman situs anda bersifat demikian, gantilah nama variable ID tersebut dengan nama yang lain. Query string dengan menggunakan parameter yang cukup panjang atau menggunakan “ID=” akan dinilai sepele oleh Google.

Sekali lagi, gantilah nama variable tersebut dengan yang lain, misalnya “nama=”, atau yang lainnya yang menurut anda lebih baik.

Jika suatu situs memiliki PageRank yang tinggi dan sering di Update, maka Google akan melakukan proses update secara berkala, baik harian atau bahkan lebih cepat dari itu dibandingkan dengan situs dengan PageRank bernilai rendah yang tidak terlalu sering di update.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

Berikan Komentar Anda