Cara Mendapatkan Posisi Puncak di Search Engine

http://www.astamediagroup.comApakah mungkin mendapatkan posisi puncak dalam 2-3 hari?

Bisa ditempatkannya halaman situs anda dari hasil pencarian yang dihasilkan oleh search engine pada posisi puncak merupakan suatu hal yang mengalami kemajuan dari kejadian sebelumnya.

Disebut juga melalui progress. Sehingga hal ini tidak akan terjadi hanya dalam waktu satu malam atau sedemikian cepatnya.meskipun sangat tergantung kepada kata kunci yang digunakan, serta jumlah halaman yang ditemukan oleh search engine tersebut.

Katakanlah suatu pencarian menemukan sebanyak ratusan halaman web yang sesuai dengan kata kunci yang diminta. Tentu kita sama-sama paham, sekian ratus ribu halaman sama-sama berebut untuk berada pada posisi puncak.

Posisi tersebut bisa anda dapatkan melalui perjalanan dari waktu ke waktu, termasuk kecanggihan anda dalam mengatur strategi, sehingga sekian ratus ribu halaman yang ditemukan bisa anda kalahkan, dan andalah yang berada pada posisi teratas.

Berbeda dengan hasil pencarian yang hanya menemukan beberapa halaman saja. Ini tidak terlalu penting untuk dibahas.

Dalam mengejar posisi peringkat yang strategis, anda harus mengenal kerangka logika yang dikenal dengan algoritma yang digunakan oleh search engine tersebut.

Banyak perbedaan prioritas pertimbangan yang mereka gunakan dalam algoritma tersebut, namun secara menyeluruh, umumnya search engine besar memiliki pertimbangan dasar yang sama untuk penentuan peringkat ini. Seperti link popularity, site traffic, pengelolaan halaman web anda dan seterusnya.

Bisa mendapatkan posisi puncak dari hasil pencarian yang dihasilkan oleh search engine, maka akan mempertinggi peluang tingkat kunjungan yang berasal dari search engine tersebut.

Tentu saja pekerjaan ini bukan pekerjaan yang mudah dikerjakan dalam kurun waktu satu hari, diperlukan penyusunan strategi yang matang dari berbagai hal.

Bisa mendapatkan posisi puncak dari hasil pencarian yang dihasilkan oleh search engine, maka akan mempertinggi peluang tingkat kunjungan yang berasal dari search engine.

Seberapa Sering Mendaftar Ke Search Engine

Untuk pendaftaran directory baik di Open Directory, Yahoo, LookSmart. Dan lain-lain, anda tidak perlu mendaftarkan diri lebih dari satu kali. Anda tidak perlu mendaftarkan kembali situs anda jika tidak terjadi perubahan domain.

Sedangkan untuk spider engine, seperti pada Google, altavista, dan lain-lain, jika situs anda telah diindex oleh mereka, mereka secara otomatis akan menugaskan spider atau robot mereka untuk melacak halaman-halaman yang ada pada situs anda, termasuk meng index halaman-halaman yang ada dalam waktu yang ditentukan oleh mereka secara periodic. Jika terdapat perubahan, mereka pun memperbaharuinya.

Resiko pendaftaran terlalu sering

Penulis sering banyak menemukan artikel yang menuliskan bahwa, jika suatu situs terlalu sering didaftarkan, maka search engine akan menganggap pekerjaan tersebut adalah sesuatu yang dianggap “spam”.

 Sehingga situs tersebut akan dibuang oleh search engine. Pendapat ini banyak sekali diutarakan oleh para peneliti tentang search engine ini.

Pendapat itu bisa saja dianggap tidak benar. Jika memang demikian, kita bisa saja sering-sering mendaftarkan situs competitor, lakukan berulang-ulang. Apakah situs mereka akan dibuang dari index? Jika memang demikian, jangan kaget jika suatu saat situs anda juga akan hilang dari index, karena pekerjaan yang sama dilakukan oleh para competitor. Jadi?

Namun demikian, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan sajalah segala sesuatunya dengan wajar. Berikut ini beberapa saran dari kami, untuk aturan secara umum mengenai pendaftaran situs anda tersebut:

1. Hindari pendaftaran suatu URL dengan kata kunci yang sama dalam waktu kurang satu bulan,

2. Jika anda memiliki lebih dari satu URL pada domain anda, jangan daftarkan mereka dalam waktu yang sama. Daftarkanlah maksimum hingga tiga URL dalam satu hari.

3. Selalu lakukan perubahan, meskipun sedikit pada situs anda sebelum anda mendaftarkan situs tersebut.

Jika nama domain berubah

Jika anda melakukan perubahan nama domain dari situs anda, anda perlu dengan segera mendaftarkan domain baru tersebut ke search engine.

Dari pada pengunjung nantinya hanya mendapatkan pesan kesalahan dalam mengakses halaman yang sama. Termasuk kasus ketika spider membuka halaman tersebut.

Jika search engine melakukan pembaruan dari data mereka, maka mereka akan langsung menghapus link yang hilang dari database mereka.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

4 Komentar untuk “Cara Mendapatkan Posisi Puncak di Search Engine”

  1. Ayu Dewi
    14/09/2014 at 4:50 am #

    Terimakasih,.. Info Yang Sangat Menarik, Semoga Bermanfaat Buat Newbie.
    Toko Ayuan

    Reply
  2. Private SEO
    05/08/2014 at 6:41 pm #

    Artikel yang sangat membantu.
    Terima kasih tipsnya.

    Reply
  3. bintang
    23/07/2014 at 5:33 pm #

    wahhh nice sekali nich..

    Reply

Berikan Komentar Anda