Cara Meningkatkan Pengunjung dan Pagerank di Blog Anda

http://www.astamediagroup.comMelakukan Link Exchange atau Pertukaran Link

Hal ini biasanya umum dilakukan para blogger. Selain untuk meningkatkan jumlah pengunjung, aktivitas pertukaran link juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pagerank.

Carilah blog yang memiliki topic berhubungan dengan topic blog anda dan ajak pemiliknya untuk melakukan pertukaran link. Berikan informasi diblog bahwa blog anda membuka kesempatan untuk bertukar link, cantumkan alamat email anda agar bloger lain yang ingin melakukan pertukaran link dengan anda dapat menghubungi langsung melalui email.

Anda juga dapat mengunjungi forum-forum para webmaster atau blogger, biasanya diforum tersebut terdapat tempat khusus untuk melakukan penawaran link exchange.

Untuk menawarkan pertukaran link dengan sesama blogger dari Indonesia, anda dapat mengunjungi forum AdSense Indonesia, sedangkan jika ingin bertukar link dengan blogger dari berbagai Negara, silahkan kunjungi forum Digital Point.

Memanfaatkan Situs Social Bookmarking

Situs social Bookmarking adalah situs web yang memberikan fasilitas untuk membagikan, mengatur, dan menyusun bookmark secara online.

Lalu bookmark itu apa? Bookmark (markah buku) adalah fasilitas menandai halaman situs tertentu agar dapat dikunjungi lagi sewaktu-waktu. Fitur bookmark sudah menjadi fitur dasar dalam perangkat lunak web browser seperti Internet Explorer, Opera, dan lain-lain.

Selain pada web browser, pengguna Internet juga dapat mem-bookmark halaman sebuah situs secara online di situs Social Bookmarking.

Daftar bookmark tersebut dapat disusun dan dibagikan kepada pengguna lain. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk menebar backlink bagi blog anda.

Sebagian besar situs Social Bookmarking menerapkan atribut nofollow. Hal ini tentu saja tidak membantu banyak dalam hal meningkatkan pagerank.

Untuk itu, anda perlu mencari situs Dofollow Social Bookmarking, situs Social Bookmarking yang tidak menggunakan atribut nofollow.

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan saat menambahkan halaman blog di situs Sosial Bookmarking adalah kesesuaian topic/kategori. Misalnya, halaman blog yang anda Bookmark adalah halaman berisi artikel tentang computer, maka masukkan halaman tersebut pada kategori computer (atau yang sejenis). Ketidaksesuaian topic atau kategori dapat mengakibatkan akun anda diblokir.

Asri Tadda
Founder dan CEO AstaMedia Group. Konsultan internet marketing, SEO dan online advertising di Indonesia. Follow @AsriTadda, Asri Tadda on Facebook and Asri Tadda on Google+. Untuk tutorial blogging dan panduan bisnis online, silahkan kunjungi blog personal Asri Tadda.

5 Komentar untuk “Cara Meningkatkan Pengunjung dan Pagerank di Blog Anda”

  1. Wahana Filtertech
    11/10/2014 at 4:22 am #

    WAHANA FILTERTECH menyediakan solusi total dan terintegrasi dengan fokus kepada kualitas dan teknologi secara tepat guna yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan segala permasalahan air baik di kalangan industri maupun komersial

    Reply
  2. Tirtayasa Filterindo
    23/08/2014 at 4:28 pm #

    TIRTAYASA FILTERINDO adalah badan usaha resmi yang bergerak dalam bidang pengadaan peralatan pengelolaan air bersih dan pengelolaan air limbah

    Reply
  3. amen
    20/01/2014 at 6:16 pm #

    Kayaknya algoritma Google tidak melihat banyaknya backlink untuk bisa meningkatkan PR. Saya punya blog backlink sedikit dan pernah PR 3. Malah blog yg biasa sy update punya banyak blog, tapi PR-nya dari dulu 0 terus, masih untuk bukan N/A. salam

    Reply
    • Negara Asia
      16/04/2014 at 1:26 pm #

      Terkadang yang bikin jengkel tuh ketika google gonta ganti algoritma bikin drop visitor gan

      Reply

Berikan Komentar Anda