Mahalnya Renewal Domain Di Godaddy

Renewal godaddyPagi ini saya mendapat beberapa email pemberitahuan dari Godaddy. Setelah saya buka,  rupanya pemberitahuan untuk segera me-renewal beberapa domain.

 Satu hal yang buat saya tidak nyaman dari isi pemberitahuan itu adalah “Jika Anda tidak memperbarui domain Anda selama Renewal Grace Period 12-hari, Anda mungkin dikenakan biaya $ 80,00 di samping biaya perpanjangan domain. Selama waktu ini, nama domain akan dipindahkan ke nameserver diparkir dan setiap layanan website atau email yang terkait dengan nama domain  dapat berhenti bekerja. Untuk informasi lebih lanjut tentang Domain Renewals atau Domain cancel , silahkan lihat Perjanjian Pendaftaran Domain” .

Bunyinya terdengar seperti sebuah ancaman saja, yang jika tidak dipenuhi saya akan kena pinalti..

Waduh kok jadi curhat disini ya. Tak apalah mungkin bagi Anda yang juga punya akun di godaddy mengalami hal yang sama dengan saya. I hate godaddy, who with me? Lanjut ceritanya ya.

Oke baik, segera saya tindak lanjuti dengan mengunjugi situs godaddy kemudian membuka akun saya.  Klik tab renewals, berbaris sudah daftar domain yang harus segera diperbaharui. Melihat daftar yang bejibun belum lagi harga perpanjangan yang cukup mahal untuk domain .com, salah satunya harus dibandrol dengan harga $17.99 belum lagi ditambah dengan biaya ICANN $0.18 sehingga totalnya menjadi $18 koma sekianlah, domain selebihnya harganya hampir sama. Hal yang kemudian saya lakukan adalah mencari renewal coupon codenya godaddy untuk mendapatkan potongan harga.

Buka google, ketik kata kuncinya godaddy renewal coupon code, tidak lama muncul sudah hasilnya. Langsung saja saya buka dan mencoba satu persatu kode untuk renewalnya.  Sayangnya tidak satu pun kode promo yang saya gunakan berhasil.Usut punya usut rupanya Godaddy telah menghapus semua kupon untuk renewal. Bertambah sudah alasan mengapa saya harus berkemas dari godaddy.  Tapi jika Anda beruntung mungkin saja Anda bisa mendapatkannya. Kalau dapat kasih tahu saya ya!

Dari beberapa artikel dan forum yang saya baca terkait renewal domain di godaddy, banyak orang yang menyarankan beberapa pilihan.

Berikut ini adalah pilihan yang disarankan oleh mereka :

Mulailah Berhemat

Buka kembali akun Anda di godaddy dan cek daftar domain yang teregister pada akun Anda. Pilihlah domain mana yang tetap Anda ingin kelola dengan serius dan biarkan saja domain-domain lainnya yang telah kadaluarsa drop. Biarkan saja , tidak usah diperpanjang.  Saya pun melakukan hal yang sama. Bayangkan berapa banyak dolar Anda terbuang hanya untuk memperpanjang domain-domain tersebut. Setidaknya dari 40 domain yang saya punya, saya masih memiliki 7 domain yang dikelola dengan serius dan beberapa diantaranya adalah domain .com. Lumayanlah untuk berhemat.

Transfer Domain

Selain berhemat, pilihan selanjutnya adalah transfer domain. Pindahkan domain Anda dari godaddy ke jasa penyedia domain lain. Ada beberapa alternatif penyedia nama domain yang memberikan harga renewal yang cukup pantas. Diantaranya :

Name .com. Name memberikan banyak diskon transfer untuk domain com / net.  Tidak hanya diskon untuk transfer, name juga memberikan harga yang cukup bagus untuk pendaftaran baru dan juga renewal. Anda bisa mendapatkan domain .com/ net hanya dengan $10,25. Kode promonya pun diperbaharui setiap bulannya.

Moniker . com memberikan harga yang cukup bersaing. Untuk renewal moniker memberikan harga $9.99. Saya rasa harga untuk transfer domainnya pun berkisaran sama.

Sama halnya dengan Moniker, Dynadot pun memberlakukan harga yang sama untuk pendaftaran baru, perpanjangan dan juga transfer domain.

Nah sekarang keputusan berada ditangan Anda, Silahkan tentukan pilihan.

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

4 Komentar untuk “Mahalnya Renewal Domain Di Godaddy”

  1. Fajrin
    05/05/2016 at 3:27 pm #

    wah, tadinya berencana membangun blog menggunakan domain dari godaddy agar mudah dijual dikemudian hari tapi mendapat info sperti ini, g jadi deh.
    Cek per cek, untuk saat ini, domain lokal lebih murah.

    Reply
  2. Djefi
    02/09/2014 at 8:06 am #

    mas, kalo mau transfer domain dari godaddy ke google apps bisa gak? domain saya www.aksiku.com biaya tahunannya udah mulai mahal, saya berharap lewat google bisa lebih murah. tolong tutorialnya yaa…makasih banyak bantuannya. salam

    Reply
  3. naza
    11/06/2014 at 9:49 am #

    misal di pindah ke hosting lokal bagaimana mas? tentunya dengan serverer usa?

    Reply
  4. jeane
    11/06/2014 at 9:33 am #

    wah itu kalau saya bisa gulung tikar…. kok enakan pakai yang gratisan aja ya , toh google gak pandang bulu, kalau konten sama² bagus juga terindex…

    Reply

Berikan Komentar Anda