Tips Cara Capture Screen Website Secara Utuh

Saat kuliah dulu saya sering mendapatkan tugas membuat artikel tutorial komputer dan presentasi cara mendaftar email di beberapa situs. Tentu saja sebagai bahan referensi saya mengambil bahan artikel dari beberapa website. Hanya saja sebagai syarat, halaman website yang dijadikan referensi haruslah disertakan secara utuh.

Sebenarnya untuk menyimpan atau menangkap halaman website bukanlah perkara yang sulit. Bahkan dengan hanya menekan tombol print screen pada keyboard komputer kita, halaman website yang diinginkan sudah tercapture / tertangkap. Namun dengan cara begini halaman yang tercapture hanyalah yang tampil pada layar monitor kita. Dengan begitu untuk halaman website yang cukup panjang harus melakukan beberapa kali print screen dan untuk menyambung gambar  dengan baik  diperlukan lagi software seperti adobe photoshop untuk melakukannya.

Cara seperti ini bisa saja kita lakukan, namun cukup ribet apalagi kalau halaman website yang kita butuhkan cukup banyak. Nah karena itu saya mencoba mencari alternative lain  cara menangkap halaman website secara utuh. Usut punya usut setelah browsing beberapa artikel  ternyata ada cara yang praktis untuk masalah ini. Untuk anda yang menggunakan browser Mozilla Firefox silahkan menginstal add ons Awesome ScreenShot.

add ons

Pada browsing Mozilla firefox anda, pilihlah tools pada menu bar kemudian silahkan klik Add-ons. Setelah itu silahkan search Awesome ScreenShot lalu install.  Setelah Add ons ini terinstal, secara otomatis akan tampil pada navigation bar paling pojok kanan. Lihat gambar dibawah ini :

navigation bar

Beberapa keunggulan dari add ons ini adalah dengan adanya fitur-fitur yang akan sangat memudahkan anda menyimpan halaman web secara utuh atau halaman yang hanya tampil pada layar monitor anda. Disamping itu Awesome Screenshot juga dilengkapi dengan menu editor sederhana seperti crop, circle, rectangle, arrow dan juga tambahan fitur teks untuk memberikan keterangan ( anotasi ) pada gambar.

fitur awesome screenshotUntuk menangkap halaman website yang diinginkan silahkan klik tombol Awesome Screenshot pada pojok kanan atas navigation bar browsing anda. Silahkan pilih mau menyimpan halaman website tersebut seluruhnya atau yang hanya tampil saja. Selanjutnya Anda bisa menambahkan keterangan gambar seperti teks, lingkaran atau tanda panah jika dibutuhkan. Sesudahnya anda diberikan pilihan penyimpanan gambar, Anda bisa menyimpan gambar secara online atau bisa juga menyimpannya pada komputer anda (save local) dengan format PNG Image .

save online awesome screen shot

Berikut ini contoh hasil capture halaman postingan ini secara utuh :

tips capture screen shoot

Try Akbar Sjarief
We call him Akbar, the big guy in the office. He is the one who manage all about AstaMedia Blogging School. He creates schedule for the school, manage all of the teacher, and decides anything about ABS. Visit his blog.

1 Komentar untuk “Tips Cara Capture Screen Website Secara Utuh”

  1. tukanggesper
    30/01/2015 at 12:01 pm #

    terima kasih triknya gan.. GBU

    Reply

Berikan Komentar Anda